Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikecam Soal Kebakaran Amazon, Presiden Brasil Peringatkan Asing Tidak Ikut Campur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 23 Agustus 2019, 14:27 WIB
Dikecam Soal Kebakaran Amazon, Presiden Brasil Peringatkan Asing Tidak Ikut Campur
Kebarakan hutan Amazon telah berlangsung cukup lama/Net
rmol news logo Kebakaran besar yang dialami oleh hutan hujan Amazon di Brazil memicu kecaman dunia internasional. Menanggapi hal tersebut, Presiden Brazil Jair Bolsonaro justru memperingatkan pihak asing untuk tidak ikut campur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dilansir dari Channel News Asia (Jumat, 23/8), sebelumnya Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan keprihatinannya tentang kebakaran dahsyat di paru-paru dunia itu melalui akun Twitter.

Tak diduga, Bolsonaro justru menanggapi hal tersebut dengan marah karena dianggap sebagai upaya campur tangan asing. Bolsonaro mengatakan bahwa negara-negara tersebut mengirim uang bukan untuk beramal, melainkan untuk mengganggu kedaulatan Brasil.

Uniknya, sebelumnya Bolsonaro justru mengakui bahwa Brasil tidak memiliki sumber daya mencukupi untuk mengendalikan kebakaran yang sudah berlangsung lama.

"Amazon lebih besar dari Eropa, bagaimana kamu melawan api kriminal di daerah seperti itu? Kami tidak memiliki sumber daya untuk itu," ucap Bolsonaro beberapa waktu lalu.

Diketahui, kebakaran di Amazon sejauh ini sudah melonjak 84 persen jika dibandingkan 2018. Tahun ini sudah terdapat hampir 74 ribu titik kebakaran di hutan Amazon.

Meskipun kebakaran adalah kejadian biasa dan alami selama musim kemarau tahun ini, namun para pecinta lingkungan menyalahkan para petani yang sudah membuka lahan untuk padang rumput, yang 'didorong' oleh Bolsonaro, sebagai penyebab kenaikan tajam angka kebakaran hutan.

Sejak menjadi Presiden pada awal tahun ini, Bolsonaro telah berulang kali mengatakan keyakinannya bahwa Brasil harus membuka Amazon untuk kepentingan bisnis. Agar perusahaan pertambangan, pertanian, dan penebangan dapat mengeksploitasi sumber daya alamnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA