Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Latihan Perang Di Pulau Sengketa, Jepang Bakal Makin Panas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 25 Agustus 2019, 11:56 WIB
Korsel Latihan Perang Di Pulau Sengketa, Jepang Bakal Makin Panas
Pulang sengketa/Net
rmol news logo Hubungan Korea Selatan tidak hanya tegang dengan tetangganya Korea Utara, tapi juga dengan Jepang. Ketegangan itu memanas usai membatalkan perjanjian berbagi informasi intelijen dengan Jepang.

Kini, Seoul memanasinya lagi dengan melakukan latihan militer di sebuah pulau sengketa, yang kepemilikannya turut diklaim oleh Jepang selama dua hari.

Pulau itu bernama Dokdo bagi orang Korsel. Sementara Jepang menyebutnya sebagai Pulau Takeshima. Pulau ini berada di Laut Jepang, yang dinamai oleh Korsel sebagai Laut Timur.

Dilansir dari Reuters (Minggu, 25/8), latihan militer dimulai hari ini dan akan berlangsung selama dua hari.

Aksi ini dipastikan akan memperburuk ketegangan antara Korsel dan Jepang setelah pada hari Kamis (22/8), Korsel membatalkan pakta berbagi informasi intelijen dengan Jepang.

Sebagai informasi, hubungan kedua negara di Asia Timur ini memburuk sejak akhir tahun lalu ketika Korsel membahas kompensasi bagi pekerja paksa masa penjajahan Jepang di Korea.

Jepang yang merasa masalah tersebut sudah selesai kemudian memperketat pembatasan ekspor ke Korsel. Akibatnya perang dagang kedua negara terjadi.

Selain sejarah, Pulau Dokdo/Takeshima juga menjadi sengketa. Baru-baru ini, kedua negara bahkan melakukan "perang kata" di situs web Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020.

Sebelumnya pada bulan Juli, sengketa pulau ini sempat memanas karena adanya pelanggaran ruang udara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.