Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Dan China Makin Panas, Nilai Yuan Makin Anjlok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 26 Agustus 2019, 14:01 WIB
AS Dan China Makin Panas, Nilai Yuan Makin Anjlok
Ilustrasi/Net
rmol news logo Selain mengakibatkan harga minyak dunia, khususnya minyak AS turun. Perang dagang Amerika Serikat dan China juga telah membuat Yuan jatuh merosot ke titik terendahnya dalam lebih dari 11 tahun terakhir pada hari Senin (26/8).

Dilansir dari Channel News Asia, Bayang-bayang resesi tampaknya semakin nyata. Hal tersebut dikarenakan Onshore Yuan China (CNH) jatuh ke 7,1487 terhadap dolar AS, titik terlemah sejak awal 2008 dalam perdagangan Asia.

Bank Rakyat China telah menetapkan Yuan telah melemah dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan pada hari Senin (26/8) mencapai 7,057 terhadap dolar AS.

Membiarkan Yuan terdepresiasi sebenarya membuat ekspor China lebih murah dan mengimbangi sebagian beban tarif AS yang sebelumnya telah diberlakukan. Namun sayangnya, hal yang sama tidak berlaku bagi para investor. Investor cenderung untuk menginvestasikan sahamnya ke aset yang kurang berisiko.

Melemahnya Yuan menyusul aksi AS dan China yang saling menaikkan tarif impor pada produk satu sama lain, bahkan Presiden AS Donald Trump telah memerintahkan perusahaan-perusahaan AS untuk menutup operasi di China.   

Sebelumnya, Yuan untuk pertama kali menyentuh 7,0 terhadap dolar AS pada bulan Agustus, beberapa hari setelah AS mengumumkan rencana pemberlakukan tarif impor baru terhadap produk China per 1 September. Karenanya, AS secara resmi menuding China telah memanipulasi mata uang.

Yuan sendiri tidak dapat dikonversi secara bebas. Meski demikian, pemerintah China membatasi pergerakan dolar di kisaran 2 persen di kedua sisi angka untuk mengendalin volatilitas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA