Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tersinggung, Presiden Brasil Tolak Bantuan Duit Jutaan Dolar AS Untuk Padamkan Kebakaran Amazon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 27 Agustus 2019, 18:35 WIB
Tersinggung, Presiden Brasil Tolak Bantuan Duit Jutaan Dolar AS Untuk Padamkan Kebakaran Amazon
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Brasil menolak tawaran bantuan negara-negara anggota G7 bernilai jutaan dolar AS untuk membantu meredakan kobaran api di hutan hujan Amazon.

Dilaporkan oleh Al Jazeera, Presiden Perancis Emmanuel Macron dalam KTT G7, Senin (26/8), mengatakan Amerika Serikat, Jepang, Perancis, Jerman, Italia, Inggris, dan Kanada akan menyumbangkan dana sebesar 22 juta dolar AS atau Rp 314 miliar (kurs: Rp 14.277,-/dolar AS) untuk mengatasi kebakaran Amazon.

Secara terpisah, Inggris dan Kanada masing-masing juga menjanjikan 12 juta dolar AS (Rp 171 miliar) dan 11 juta dolar AS (Rp 157 miliar). Selain itu, Perancis juga akan menawarkan dukungan militer untuk Amazon.

Meski tidak memberikan alasan yang jelas, namun pemerintah Brasil menolak tawaran kelompok ekonomi tersebut sementara untuk bantuan terpisah dari Inggris dan Kanada belum jelas.

Kepala Staf Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Onyx Lorenzoni, pada Senin (16/8) bahkan memberikan "saran" kepada negara-negara Eropa bahwa "sumber daya yang ditawarkan lebih relevan untuk reboisasi Eropa".

Hal ini berbeda dengan pernyataan Menteri Lingkungan Brasil, Ricardo Salles yang mengatakan kepada wartawan Brasil menyambut baik dana G7 untuk memerangi kebakaran yang melanda Amazon dan mendorong penggelaran pasukan. Tetapi setelah pertemuan antara Bolsonaro dan menteri-menterinya, pemerintah Brasil kemudian merubah arah.

Berubahnya keputusan ini diduga dipicu oleh ketegangan antara Bolsonaro dan Macron. Bolsonaro merasa tersinggung dengan tindakan Macron yang memperlakukan Brasil seolah-olah seperti koloni dan mencampuri urusan Brasil dalam menangani kebakaran di Amazon. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA