Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serangan Koalisi Saudi Ke Kamp Tahanan Houthi Tewaskan 100 Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 02 September 2019, 14:24 WIB
Serangan Koalisi Saudi Ke Kamp Tahanan Houthi Tewaskan 100 Orang
Serangan koalisi Arab Saudi di Yaman/ Telegraph
rmol news logo Sedikitnya 100 orang tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka akibat serangan koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman. Koalisi Saudi menargetkan pusat penahanan yang dioperasikan pemberontak Houthi di Provinsi Dhamar, Yaman, Minggu (1/9).

Dilaporkan oleh TIME, menurut Kepala Delegasi Palang Merah di Yaman, Franz Rauchenstein ketika mengunjungi lokasi serangan, korban jiwa bisa bertambah dan relatif sedikit tahanan yang selamat. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan data di pusat penahanan berisi 170 tahanan dan hanya 40 dari mereka yang dirawat karena luka-luka. Sedangkan sisanya dianggap tewas.

"Menyaksikan kerusakan besar ini, melihat mayat-mayat tergeletak di antara puing-puing, sungguh mengejutkan," ujar Rauchenstein.

Diketahui, serangan Minggu (1/9) itu merupakan serangan koalisi Arab Saudi paling mematikan sepanjang tahun ini. Sebelumnya, koalisi ini sudah mendapatkan kritik internasional karena serangan udara yang melanda sekolah, rumah sakit, dan pesta pernikahan yang menewaskan ribuan warga sipil Yaman.

Arab Saudi sendiri melakukan intervensi ke Yaman secara internasional pada Maret 2015. Pada saat itu pemberontak Houthi yang didukung Iran mengambil alih ibukota.

Hingga saat ini, konflik kedua belah pihak telah menewaskan puluhan ribu nyawa dan mengakibatkan jutaan orang kelaparan. Konflik ini pada akhirnya menciptakan krisis kemanusiaan terburuk di dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA