Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Bisa Belajar Dari Cara AS Tangani Badai Dorian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/mega-simarmata-1'>MEGA SIMARMATA</a>
LAPORAN: MEGA SIMARMATA
  • Kamis, 05 September 2019, 23:11 WIB
Indonesia Bisa Belajar Dari Cara AS Tangani Badai Dorian
Bahas Badai Dorian/Net
rmol news logo Badai Dorian yang dijuluki sebagai monster bakal menerjang sejumlah negara bagian di Amerika Serikat, antara lain Carolina Selatan dan Utara mulai hari Kamis (5/9) ini sampai Jumat (6/9) waktu setempat.

Badai ini sebelumnya menghantam Kepulauan Bahamas pada Minggu (1/9) dengan kategori lima yang sangat mengerikan dampaknya.

Diperkirakan, angin berkecepatan sangat tinggi, Badai Dorian dengan kategori tiga juga akan mendatangkan banjir yang cukup parah di sejumlah wilayah di AS.

Namun yang mengagumkan dari negara adidaya seperti Amerika Serikat adalah mereka memiliki alat deteksi dini yang sangat canggih terkait bencana alam, seperti badai ini, kemudian memberi nama pada badai-badai itu.

Sehingga, seminggu bencana itu datang, dari mulai presiden, kementerian-kementerian terkait, termasuk FEMA dan Kementerian Pertahanan (Pentagon), sampai ke gubernur di masing masing negara bagian yang wilayahnya akan diterjang bencana alam ini, sudah melakukan berbagai persiapan.

Militer Amerika sudah sejak seminggu lalu, menyiapkan semua bentuk bala bantuan, utamanya pesawat Hercules dan Helikopter, yaitu untuk evakuasi dan pendistribusian makanan, obat-obatan dan kebutuhan mendasar bagi para korban bagi para korban Badai Dorian ini.

Termasuk, memberikan peringatan kepada warga mereka untuk bersiap-siap dan segera mengungsi.

Peringatan itu juga termasuk agar masing-masing keluarga tidak meninggalkan hewan piaraan mereka sendirian dirumah saat mereka mengungsi.

Kesiapan AS menghadapi Badai Dorian misalnya, menimbulkan tanda tanya besar tentang kapankah Indonesia bisa meniru itu?

Kerap kali yang terjadi di sini adalah kecolongan, misalnya alibi rusaknya alat early warning system atau sistem peringatan dini.

Lalu pengungsi di sinipun, sering kali harus sangat darurat ditampung di barak-barak yang sangat seadanya.

Tapi, walau demikian, tetap ada yang sangat membanggakan di Indonesia jika terjadi bencana alam yaitu kesigapan aparat keamanan dari TNI dan Polri untuk segera turun membantu ke lokasi bencana.

Indonesia, lewat Instansi terkait yang bertugas menangani bencana alam, bisa banyak belajar dari cara AS menangani bencana alam.

Badai Dorian misalnya, si monster yang sudah meluluh-lantakkan Kepulauan Bahamas secara sangat mengerikan hari Minggu (1/9) lalu, yang selama 2 hari ke depan akan menerjang Amerika. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA