Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi China, Kanselir Jerman Bakal Bahas Ekonomi Hingga Unjuk Rasa Di Hong Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 06 September 2019, 14:44 WIB
Kunjungi China, Kanselir Jerman Bakal Bahas Ekonomi Hingga Unjuk Rasa Di Hong Kong
Kanselir Jerman, Angela Merkel/Net
rmol news logo Kanselir Jerman, Angela Merkel melakukan kunjungan ke China untuk membahas persoalan hak asasi manusia dan ekonomi. Merkel sendiri dijadwalkan tiba di Beijing pada Jumat (6/9).

Seperti dilansir Associated Press, kunjungan Merkel kali ini diiringi delegasi bisnis Jerman, mencakup industri otomotif, jasa keuangan, hingga transportasi. Hal ini dilakukan karena dalam beberapa tahun terakhir banyak perusahaan Jerman kesulitan mendapat akses pasar karena kebijakan tertentu dari China.

Selain itu, kunjungan Merkel pun dinilai sangat penting bagi Jerman yang dianggap akan mengalami resesi pada kuartal ketiga tahun ini. China sendiri merupakan mitra dagang tunggal terbesar Jerman pada tahun lalu dengan total pedagangan 218 miliar dolar AS.

Tidak hanya ekonomi, Merkel juga akan membahas isu hak asasi manusia terhadap minoritas di Tibet dan Xinjiang serta demonstrasi di Hong Kong. Isu-isu ini merupakan pesanan para aktivis Hong Kong dan Dubes AS untuk Jerman, Ricard Grenell yang sebelumnya mewanti-wanti Merkel ketika berbisnis dengan China.

"Kami berharap Kanselir Merkel dapat mengambil sikap tegas untuk nilai-nilai yang menyatukan Jerman," ujar Grenell merujuk pada nilai HAM, demokrasi, dan supremasi hukum.

Sementara para aktivis Hong Kong juga memperingatkan Merkel ketika berurusan dengan "rezim otoriter dan tidak adil" seperti yang dikutip surat kabar Jerman, Bild, pada pekan ini.

Setibanya di Beijing, Merkel akan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Keqiang pada pagi hari dan kemudian makan malam dengan Presiden China, Xi Jinping. Sedangkan esoknya, Sabtu (7/9), Merkel akan mengunjungi Wuhan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA