Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aksi Balasan, Warga Kongo Demo Dan Rusak Konsulat Afrika Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 07 September 2019, 01:20 WIB
Aksi Balasan, Warga Kongo Demo Dan Rusak Konsulat Afrika Selatan
Aksi perusakan Konsulat Afrika Selatan di Lubumbashi, Kongo/Twitter
rmol news logo Dampak unjuk rasa yang dipicu oleh xenophobia di Afrika Selatan di luar dugaan. Setelah Afrika Selatan menutup kantor kedutaan di Nigeria lantaran khawatir diamuk massa, warga Republik Demokratik Kongo merusak Konsulat Afrika Selatan di Lubumbashi.

Dilansir dari Al Jazeera, pengunjuk rasa menghancurkan jendela-jendela konsulat Afrika Selatan dan menyerang toko milik warga. Tindakan ini balasan atas serangan unjuk rasa yang berakhir kerusuhan terhadap warga asing di Johannesburg dan kota lainnya.

Pada awalnya, sekelompok warga Kongo hanya melakukan kampanye di luar konsulat Afrika Selatan, namun situasi berubah menjadi tak terkendali. Akhirnya para pengunjuk rasa menghancurkan jendela-jendela gedung.

Tidak hanya itu, pengunjuk rasa juga menyerang dan menjarah toko ritel milik warga Afrika Selatan, MRP. Merespons insiden ini, polisi langsung turun tangan membubarkan masa yang membuat beberapa orang terluka.

Pekan lalu, unjuk rasa yang dipicu oleh xenophobia warga Afrika Selatan juga terjadi di Johannesburg. Aksi ini berubah rusuh dan menewaskan sedikitnya tujuh orang dan menghancurkan properti serta bisnis milik asing. Sudah 400 orang yang ditangkap karena kejadian ini. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA