Peralihan Diplomatik Makin Serius, Menlu Kepulauan Solomon Terbang Ke Taiwan

Senin, 09 September 2019, 00:35 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Jeremiah Manele/Net

Kemungkinan pengalihan hubungan diplomatik Kepulauan Solomon ke China makin diperkuat dengan rencana kunjungan Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon, Jermiah Manele ke Taiwan, Minggu (8/9) guna mempertimbangkan rencana pengalihan tersebut.

Dilansir Channel News Asia, Manele mengatakan bahwa dirinya akan bertemu dengan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen dan Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu dalam kunjungan lima harinya ke Taiwan.

Solomon adalah salah satu dari 17 negara yang mengakui Taiwan. Namun setelah Manasseh Sogavare menjabat sebagai Perdana Menteri Kepulauan Solomon pada April lalu, Sogavareh berjanji untuk meninjau hubungan kedua negara tersebut guna meningkatkan ekonomi Solomon.

Komite Hubungan Luar Negeri Parlemen Solomon sendiri menerima pengajuan peralihan hubungan diplomatik hingga akhir bulan September dan memiliki tenggat waktu hingga 31 Oktober untuk melapor pasa legislatif.

Di sisi lain, AS dan Australia khawatir niat Kepulauan Solomon ini hanya akan mempermulus niat China mendirikan pangkalan militer di pulau-pulau Pasifik. Bahkan, Menteri Pertahanan AS, Mark Esper menuduh China telah menggunakan taktik 'ekonomi yang ganas' dan kesepakatan utang untuk kedaulatan terhadap negara-negara kecil di Pasifik.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Petugas, Warga Dan Alber Berjibaku Singkirkan Material Longsor

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Belajar Dari Youtube, Montir Tamatan SD Rakit Pesawat Terbang

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Dewas TVRI Pecat Dirut Helmy Yahya, Maladministrasi Pembelian Program Siaran Liga Inggris

Jumat, 17 Januari 2020