Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktivis: Hong Kong Bak Berlin Selama Perang Dingin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 10 September 2019, 07:45 WIB
Aktivis: Hong Kong Bak Berlin Selama Perang Dingin
Protes di Hong Kong/Net
rmol news logo Aktivis demokrasi Hong Kong, Joshua Wong membandingkan perjuangan para pengunjuk rasa pro-demokrasi di wilayahnya dengan peran Berlin selama Perang Dingin.

Selama audiensi di Berlin Jerman awal pekan ini, Wong mengatakan bahwa Hong Kong sekarang menjadi benteng antara dunia bebas dan kediktatoran Tiongkok.

"Jika kita berada dalam Perang Dingin yang baru, Hong Kong adalah Berlin yang baru," kata aktivis berusia 22 tahun tersebut.

Dia berada di Berlin untuk acara yang disponsori surat kabar di parlemen Jerman terkait aktivis hak asasi manusia di seluruh dunia.

Wong sendiri merupakan salah satu pemimpin gerakan pro-demokrasi Hong Kong yang berlangsung selama beberapa bulan belakangan.

"Kami mendesak dunia bebas untuk berdiri bersama dengan kami dalam menentang rezim otokratis Tiongkok," tambahnya, seperti dimuat Reuters.

Hong Kong sendiri diketahui telah diguncang kerusuhan selama berbulan-bulan sejak pemerintahnya mengumumkan upaya untuk mempermudah mengekstradisi tersangka ke China.

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, mengumumkan konsesi minggu ini untuk mencoba mengakhiri protes, termasuk dengan secara resmi membatalkan RUU itu.

Namun Wong memastikan bahwa hal itu tidak cukup. Dia mengatakan para pengunjuk rasa akan berusaha untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah kota atas apa yang dia katakan sebagai pelanggaran HAM yang dilakukan terhadap para pengunjuk rasa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA