Terpapar Asap Dari Indonesia, Malaysia Sebar Setengah Juta Masker

Selasa, 10 September 2019, 14:29 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Kondisi udara di Malaysia masih buruk akibat terkena kabut asap dari wilayah Indonesia/Net

Tingkat polusi di Malaysia akibat asap kebakaran hutan di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Pemerintah Malaysia pun membagi setengah juta masker untuk mengurangi risiko akibat terpapar asap.

"Kami mendapatkan 500 ribu masker dan mengirimnya ke cabang agensi di Serawak," begitu pernyataan Agensi Pengurusan Bencana Negara (NADMA), Selasa (10/9), seperti dikabarkan Channel News Asia.

NADMA yang bekerja sama dengan Departemen Pendidikan juga telah mengirimkan masker ke sekolah-sekolah yang terkena dampak. Menurut Departemen Pendidikan Malaysia, ada 409 sekolah dasar dan menengah di Serawak yang ditutup pada hari ini. Akibatnya, 150 ribu siswa terpaksa belajar di rumah di tengah jadwal ujian nasional yang semakin dekat.

Indeks Polusi Udara (API) di Serawak, yang berbatasan langsung dengan Kalimantan, memang telah mencapai tingkat tidak sehat pada Selasa (10/9). Bahkan satu kabupaten mendapat poin 201 atau sangat tidak sehat. Tingkat tidak sehat juga dicatat di lima negara bagian lainnya.

Pekan lalu, Malaysia menyatakan akan mengirim nota diplomatik ke Indonesia untuk mendesak segera dilakukan tindakan mengatasi kabut asap. Selain itu, Malaysia juga telah menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk memadamkan api.

Dalam beberapa pekan terakhir, Indonesia sendiri telah mengirim ribuan personel untuk memadamkan api. Serta mengumumkan keadaan darurat di 6 provinsi di Sumatera dan Kalimantan.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Petugas, Warga Dan Alber Berjibaku Singkirkan Material Longsor

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Belajar Dari Youtube, Montir Tamatan SD Rakit Pesawat Terbang

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Dewas TVRI Pecat Dirut Helmy Yahya, Maladministrasi Pembelian Program Siaran Liga Inggris

Jumat, 17 Januari 2020