Promosikan Budaya Nusantara, KBRI Kyiv Gelar Festival Indonesia 2019

Tari Pendet menyambut pembukaan Festival Indonesia 2019/Ist

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kyiv kembali melakukan hentakan budaya. Kali ini dengan menghadirkan Festival Indonesia 2019 di sebuah pusat pebelanjaan Lavina Mall, Kyiv, ibukota Ukraina.

Selama dua hari berturut-turut, 6 - 7 September 2019, masyarakat Kyiv pengunjung mall terbesar di ibukota tersebut dihibur oleh pemandangan eksotis yang jarang mereka temukan, yakni, keragaman budaya sebuah negeri yang jaraknya ribuan kilometer dari Ukraina.

Menurut Ketua Pelaksanan Kegiatan yang juga Pejabat Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya (Pensosbud) Gatot A. Djemirin, Festival Indonesia kali ini mempromosikan budaya sekaligus makanan tradisional Nusantara agar semakin terkenal di Ukraina.

“Melalui Festival Indonesia, masyarakat Ukraina bisa melihat dan merasakan langsung budaya dan masakan Indonesia,” ujar  dia dalam rilis yang diterima redaksi, Selasa (10/9).

Festival  tahunan ini selalu diramaikan oleh pagelaran tari dan fashion show oleh para mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nasional Taras Shevchenko. Kali ini, tampil juga beberapa gadis Ukraina yang mahir membawakan tarian Indonesia seperti Maryna Kirilchuk yang membawakan tari Bajidor Kahot, Viktoria, Diana dan Marta-Maria membawakan tarian pendet dari Bali.

Acara juga diramaikan dengan parade busana tradisional batik nusantara, sajian penganan lokal Indonesia hingga door prize.

Dalam sambutannya, Dubes RI untuk Ukraina Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi menyampaikan bahwa Festival Indonesia ini merupakan sumbangsih KBRI Kyiv bagi masyarakat Ukraina agar dapat melihat dari dekat    keragaman budaya Indonesia.

“Festival Indonesia dipersembahkan kepada masyarakat Ukraina agar dekat dengan Indonesia dan memiliki sosio kultur yang mirip dengan Indonesia,” kata Yuddy.

Dubes mengatakan, festival ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan peringatan hari Kemerdekaan RI yang ke-74 yang digelar KBRI Kyiv. “Dengan adanya Festival Indonesia 2019 ini, diharapkan terjadi peningkatan bisnis dan budaya,” ujarnya.

Dalam rangkaian dari acara hari ulang tahun RI ke 74 yang telah dimulai sejak 17 Agustus lalu,  KBRI juga mengatakan, pameran foto resepsi diplomatik dan peresmian replika stupa Borobudur.  Digelar pula resepsi diplomatik di Georgia dan Armenia pada 27 dan 29 Agustus lalu.

“Festival kali ini juga diikuti beberapa perusahaan Indonesia yang bergerak di badang agrikultur dan ekspor/impor serta jasa layanan pariwisata,” tandas dia.

Kolom Komentar


Video

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jumat, 10 Juli 2020
Video

Waspada!! Gunung Merapi Menggelembung

Sabtu, 11 Juli 2020

Artikel Lainnya

Retorika Erdogan Soal Kebangkitan Hagia Sophia Dan Pembebasan Al-Aqsa Tidak Membantu Palestina
Dunia

Retorika Erdogan Soal Kebang..

16 Juli 2020 18:25
Bulan Depan Indonesia Jadi Presiden DK PBB Lagi, Ini Agenda Yang Akan Dibahas
Dunia

Bulan Depan Indonesia Jadi P..

16 Juli 2020 17:50
Raja Felipe VI Beri Penghormatan Kepada 28 Ribu Lebih Korban Meninggal Karena Covid-19 Dalam Sebuah Upacara
Dunia

Raja Felipe VI Beri Penghorm..

16 Juli 2020 17:14
Puji Kegigihan Menlu Retno Bantu Perjuangan Palestina, Waketum MUI: Iron Lady Dari Indonesia
Dunia

Puji Kegigihan Menlu Retno B..

16 Juli 2020 17:07
Jelang Musim Dingin, Korsel Wajib Tingkatkan Kapasitas Rumah Sakit
Dunia

Jelang Musim Dingin, Korsel ..

16 Juli 2020 16:59
Trump 'Jualan' Di Akun Medsos, Netizen Pun Ramai Teriak Boikot
Dunia

Trump 'Jualan' Di Akun Medso..

16 Juli 2020 16:31
Bertemu Delegasi Hamas, Dubes Kuba: Semua Konspirasi Israel Dan Amerika Di Palestina Ditakdirkan Untuk Gagal
Dunia

Bertemu Delegasi Hamas, Dube..

16 Juli 2020 15:48
NYT: Trump Siapkan Sanksi Baru, Anggota Partai Komunis China Dan Keluarganya Dilarang Masuk AS
Dunia

NYT: Trump Siapkan Sanksi Ba..

16 Juli 2020 15:44