Pilih Mengalah, China Akhirnya Bebaskan 16 Produk AS Dari Tarif Bea Tambahan

Rabu, 11 September 2019, 17:48 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

China lebih memilih melonggarkan bea masuk bagi sejumlah produk asal AS/Net

China sepertinya enggan lanjutkan perang dangan dengan Amerika Serikat. Sebab mereka perlahan mulai melonggarkan kebijakan mereka dalam kenaikan tarif atas produk-produk Amerika Serikat (AS). China pilih mengalah dengan membebaskan 16 jenis produk AS dari tarif balasan yang sebelumnya diberlakukan.

Kementerian Keuangan China menyatakan, aturan baru ini akan berlaku per 17 September 2019 hingga 16 September 2020. Adapun 16 produk ini di antaranya  whey atau air dadih, tepung ikan untuk pakan ternak, dan beberapa pelumas, seperti yang dimuat oleh Reuters.

Lebih lanjut, Kementerian Keuangan juga mengungkapkan bahwa produk-produk ini akan masuk ke dalam dua daftar produk yang tidak dikenai bea tambahan dan akan dalam situs resmi mereka.

Diketahui, langkah ini dilakukan sebagai penanggulangan dari langkah AS sesuai dengan Bagian 301 dari Undang-Undang Perdagangan 1974 yang memungkinkan Presiden AS untuk secara sepihak memberlakukan tarif atau melakukan pembatasan perdagangan lainnya untuk melindungi industri nasional dari pratik perdagangan tidak adil dari negara lain.

Sebelumnya pada 1 September lalu AS resmi memberlakukan tarif 15 persen untuk produk-produk China senilai lebih dari 125 miliar dolar AS atas. Lalu dibalas China dengan mengenakan tarif tambahan pada produk-produk AS senilai 75 miliar dolar AS. Meski akhirnya direvisi oleh China sendiri.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019