Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

3 Alasan Yang Bikin Trump Memecat John Bolton

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 12 September 2019, 10:28 WIB
3 Alasan Yang Bikin Trump Memecat John Bolton
Trump memutuskan untuk berpisah dengan panasihatnya. John Bolton/Net
rmol news logo Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengungkap alasan pemecatan Penasihat Keamanan Nasional, John Bolton. Trump mengatakan, Bolton dan dirinya memiliki sejumlah perbedaan pendapat dalam berbagai hal.  

Dilansir dari Reuters, berikut ini beberapa alasan pemecatan Bolton yang diungkap Trump:

1. Bencana terhadap Korut

Trump mengatakan Bolton telah melakukan kesalahan fatal karena telah menyinggung Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dengan menuntut Korut mengikuti Libya dan menyerahkan semua senjata nuklirnya.

"Kami mundur ketika John Bolton berbicara tentang model Libya. Benar-benar bencana," ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih. "Saya tidak menyalahkan Kim Jong Un atas yang dia katakan setelah itu."

Diketahui Kim yang tersinggung dengan ucapan Bolton mengancam akan membatalkan pertemuan puncak pertamanya dengan Trump pada tahun lalu. Korut sendiri bahkan mengecam Bolton sebagai "maniak perang" dan "sampah manusia". Pemecatan Bolton sendiri hanya berselang sehari setelah Korut mengisyaratkan kesediaannya untuk melanjutkan kembali dialog denuklirisasi

2. Tidak sejalan dengan kebijakan Trump terhadap Venezuela

"Saya pikir dia jauh dari garis dan saya terbukti benar," ujar Trump.

Trump sendiri mengaku tidak mendukung kampanye sanksi dan diplomasi yang didorong oleh Bolton untuk menggulingkan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro.

3. Tidak bergaul dengan pejabat pemerintah

Menurut Trump, Bolton tidak bergaul dengan orang-orang di pemerintahan yang ia anggap sangat penting dan itu akan melemahkan soliditas pemerintah. "John tidak sejalan dengan apa yang kami lakukan," tegasnya.

Tidak hanya ketiga alasan tersebut, ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa Trump dan Bolton memiliki perbedaan pendapat. Seperti dalam kebijakan Trump terhadap Rusia dan Iran.

Bolton tidak sependapat dengan Trump yang ingin melakukan upaya damai dengan Rusia. Sementara itu, Bolton juga tidak ingin Trump melonggarkan sanksinya terhadap Iran.

Meski demikian, Trump berharap perpisahan dengan Bolton akan berlangsung baik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA