Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sikap Wamenlu Venezuela Tentang Pernyataan Michelle Bachelete

Jumat, 13 September 2019, 09:02 WIB
Sikap Wamenlu Venezuela Tentang Pernyataan Michelle Bachelete
Wakil Menteri urusan Multilateral, Kementerian Kekuatan Rakyat untuk Luar Negeri Republik Bolivarian Venezuela, Alexander Yánez/Net
rmol news logo Komentar Michele Bachelete soal hak asasi manusia di Venezuela langsung direspons. Pernyataan Komisaris Tinggi PBB itu yang bersumber dari laporan hasil kunjungan ke Venzuela justru dipertanyakan sistem metodologisnya. Terutama karena sebagian besar responden ternyata berasal dari luar Venezuela.

Berikut pernyataan tertulis Wakil Menteri urusan Multilateral, Kementerian Kekuatan Rakyat untuk Luar Negeri Republik Bolivarian Venezuela, Alexander Yánez, terhadap Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet, mengenai situasi hak asasi manusia di Republik Bolivarian Venezuela, yang diterima Kantor Berita Politik RMOL:

"Terima kasih, Ibu Wakil Presiden

Atas nama rakyat dan Pemerintah Venezuela, saya menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan penolakan kami terhadap metodologi yang digunakan oleh Kantor Komisaris Tinggi untuk menyiapkan laporan kepada Dewan ini pada 5 Juli.

Seperti yang kami kecam pada waktu itu, laporan ini didominasi oleh pandangan selektif dan bias; menjadi tulisan yang kurang ilmiah, dengan kesalahan metodologi yang serius dan tampaknya merupakan salinan dari laporan sebelumnya.

Sudah cukup untuk menyebutkan bahwa laporan itu sangat jelas mengabaikan semua informasi yang dikumpulkan oleh Komisaris Tinggi sendiri selama kunjungannya ke Venezuela. Alih-alih, laporan itu disiapkan dari 558 wawancara, yang 460 dilakukan di luar Venezuela. Dengan kata lain, 82% sumber yang dikonsultasikan untuk menyiapkan laporan tidak tinggal di Venezuela.

Apa yang diungkapkan kemarin di Dewan ini menegaskan kembali keyakinan kami bahwa Komisaris Tinggi tahu benar bahwa laporan ini tidak cukup mencerminkan kenyataan yang dilihatnya langsung di Venezuela.

Meskipun demikian, seminggu yang lalu kami menerima kunjungan pejabat tingkat tinggi dari Kantor Komisaris Tinggi di Caracas. Ini adalah kunjungan ketiga yang dilakukan dalam 6 bulan terakhir.

Kunjungan ke negara Pelapor Khusus untuk Tindakan Pemaksaan Unilateral dijadwalkan pada 2 September tahun ini. Namun, masalah kesehatan pelapor menghambat perkembangan kunjungan resmi ini.

Kami telah meminta kerja sama Kantor untuk dapat melakukan kunjungan prosedur khusus lain sebelum 2019 berakhir. Demikian pula, kami juga telah meminta Komisaris Tinggi untuk mempercepat kerja sama teknis untuk pembentukan mekanisme tindak lanjut nasional dengan rekomendasi dari Tinjauan Berkala Universal dan badan-badan perjanjian, serta untuk desain Rencana Kedua HAM Nasional negara kami.

Semua fakta ini memberikan penjelasan tentang komitmen pemerintah kami untuk memajukan dan melindungi hak asasi manusia, serta kesediaan kami untuk terus memperkuat dialog dan kerja sama dengan Kantor Komisaris Tinggi dan mekanisme Dewan ini.

Untuk itu kami terus bekerja sama dengan berbagai badan PBB yang hadir di negara ini. Salah satu contohnya adalah Rencana Respons Kemanusiaan yang baru-baru ini disiapkan oleh PBB di Venezuela, dengan semua kolaborasi dan dukungan dari pemerintah Venezuela.

Mengenai Informasi Lisan dari Michelle Bachelet, kami menyesal bahwa mekanisme komunikasi dan kerjasama yang ada antara Kantor dan pemerintah Venezuela belum habis untuk sepenuhnya membuktikan informasi yang disajikan dalam pernyataan tersebut. Meskipun informasi ini menunjukkan beberapa nuansa, bagaimanapun, masih ada kelemahan metodologis yang menghasilkan informasi bias yang justru memberikan ide untuk kampanye melawan Venezuela.

Ada ketidakakuratan data, fakta, konteks, dan kesimpulan. Namun, kami tetap terbuka untuk pertukaran informasi yang konstruktif.

Mengenai tindakan pemaksaan, Nyonya Wakil Presiden, kita harus mengatakan bahwa tindakan kriminal sepihak yang dipaksakan oleh pemerintahan Trump pada rakyat Venezuela menyebabkan kematian, kesakitan, dan penderitaan. Penyitaan aset di luar negeri, pembekuan miliaran dolar di bank-bank asing dan merampas sumber daya penting Negara Venezuela untuk memperoleh makanan, obat-obatan, dan pasokan medis di luar negeri. Kami menyesal bahwa ada Negara Anggota Dewan yang mendukung dan membenarkan praktik ini jelas yang bertentangan dengan Hukum Internasional.

Tepatnya dalam laporan terakhir yang disampaikan oleh Pelapor Khusus tentang Tindakan Paksaan, Mr. Idriss Jazairy, tertanggal 5 Juli 2019, ia menyatakan: “(...) Amerika Serikat telah menerapkan peningkatan jumlah sanksi ekonomi kepada Republik Bolivarian Venezuela selama lebih dari satu dekade (...) ”. Selama lebih dari satu dekade.

Hal tersebut di atas menunjukkan bahwa penerapan tindakan pemaksaan sepihak oleh AS diterapkan sebelum 2015. Dalam hal itu, Pemerintah Bolivarian Venezuela menghargai kekhawatiran yang diungkapkan oleh Komisaris Tinggi dan mengutip: "... dampak yang berpotensi parah terhadap hak asasi manusia dari serangkaian sanksi baru yang diberlakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat."

Langkah-langkah itu, menurut Komisaris Tinggi, memiliki "... dampak yang kuat pada program sosial dan populasi secara umum." Jika ada negara yang harus dilaporkan kepada Komisi Investigasi atau harus mendapatkan prosedur khusus atas pelanggaran besar-besaran terhadap Hak Asasi Manusia, itu adalah pemerintah Amerika Serikat.

Ibu Wakil Presiden:

Pemerintah Venezuela menegaskan kembali kesediaannya untuk terus maju dalam proses dialog yang tulus dan kerja sama dengan Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, selalu dipandu oleh prinsip-prinsip objektivitas, ketidakberpihakan, dan non-selektivitas yang ditetapkan dalam Deklarasi dan Program Aksi Wina, di antara instrumen terkait lainnya.

Terima kasih banyak, Ibu Wakil Presiden.

Jenewa, 10 September 2019
" rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA