Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Batal Kerjasama Dengan AS, Taliban Merapat Ke Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 15 September 2019, 07:53 WIB
Batal Kerjasama Dengan AS, Taliban Merapat Ke Rusia
Tentara Afghanistan/Net
rmol news logo Delegasi Taliban menggelar pembicaraan dengan para pejabat Rusia di Moskow setelah perundingan dengan Amerika Serikat runtuh awal bulan ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Perwakilan khusus presiden Rusia untuk Afghanistan, Zamir Kabulov, menjadi tuan rumah delegasi Taliban di Moskow," kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, seperti dimuat Channel News Asia (Sabtu, 14/9).

Meski begitu, tidak ada rincian lebih lanjut soal pembicaraan tersebut.

"Sisi Rusia menekankan perlunya untuk memulai kembali perundingan antara Amerika Serikat dan gerakan Taliban," kata jurubicara itu.

"Untuk bagian mereka, Taliban mengkonfirmasi kesediaan mereka untuk melakukan dialog dengan Washington," sambungnya.

Diketahui bahwa sebelumnya Taliban menjajaki pembicaraan dengan Amerika Serikat. Pembicaraan berkutat seputar penarikan pasukan Amerika Serikat di Afghanistan dan Taliban menawarkan jaminan keamanan untuk mengusir kelompok-kelompok ekstremis.

Namun pekan lalu, Trump mengungkapkan bahwa dia telah membatalkan pertemuan yang direncanakan antara dirinya dan pemimpin Taliban.

Hal itu dikarenakan Taliban sebelumnya telah melancarkan serangan di Afghaistan yang merenggut yawa tentara Amerika Serikat.

"Taliban tidak pernah dipukul lebih keras daripada yang dipukul saat ini. Membunuh 12 orang, termasuk seorang prajurit Amerika yang hebat, bukanlah ide yang baik. Ada banyak cara yang lebih baik untuk mendirikan sebuah negosiasi. Taliban tahu mereka melakukan kesalahan besar, dan mereka tidak tahu bagaimana memulihkannya," tulis Trump di akun Twitternya pekan lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA