Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASEAN Perlu Bersatu Lawan Kabut Asap Lintas Batas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 15 September 2019, 08:00 WIB
ASEAN Perlu Bersatu Lawan Kabut Asap Lintas Batas
Kabut asap/Net
rmol news logo ASEAN harus bekerjasama melawan kabut asap lintas batas yang saat ini terjadi saat ini akibat kebakaran hutan di sejumlah wilayah di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Ada kebutuhan untuk tekad yang lebih kuat dan kerja sama di antara negara-negara ASEAN untuk mengatasi masalah kabut lintas batas," kata Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air Singapura, Masagos Zulkifli dalam sebuah unggahan di Facebook akhir pekan ini.

Dia mengkhwatirkan kualitas udara di negara tersebut yang semakin memburuk. Indeks Standar Pencemar 24-jam (PSI) Singapura pada hari Sabtu (14/9) mencapai level tidak sehat untuk pertama kalinya sejak Agustus 2016, dengan angka melampaui angka 100 pada jam 4 sore.

"Kembalinya kabut asap adalah pengingat akan keseriusan masalah, yang telah mempengaruhi kawasan ASEAN selama bertahun-tahun. Keduanya mencemari udara yang kita hirup dan mengeluarkan gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim," sambung Masagos.

"Inilah sebabnya mengapa ada kebutuhan untuk penyelesaian dan kerja sama yang lebih kuat antara negara-negara ASEAN dan para pemangku kepentingan, untuk mencapai visi kami tentang ASEAN yang bebas kabut asap pada tahun 2020," tambahnya.

Masagos lebih lanjut menjelaskan bahwa Singapura telah menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk memerangi kebakaran hutan di sana.

"Seperti biasa, kami siap membantu menekan api di darat. Singapura telah menawarkan bantuan teknis pemadaman kebakaran ke Indonesia dan siap untuk menyebarkannya jika diminta oleh Indonesia," tegasnya, seperti dimuat Channel News Asia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA