Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Di Ankara, Putin Dkk Siap Bentuk Komite Di Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 17 September 2019, 17:56 WIB
Bertemu Di Ankara, Putin Dkk Siap Bentuk Komite Di Suriah
Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Pada pertemuan tingkat tinggi di Ankara, para pemimpin Iran, Turki, dan Rusia mengumumkan pembentukan komite untuk merancang konstitusi baru Suriah sebagai langkah pertama penyelesaian konflik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dilansir dari Al Jazeera, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menyambut Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Iran, Hassan Rouhani di Ankara, Senin (16/9). Ketiganya bertemu untuk membahas masa depan Suriah, khususnya Idlib yang baru-baru ini memanas.

Dalam konferensi pers yang dilakukan setelah perundingan, ketiga pemimpin negara tersebut mengungkapkan akan membentuk komite konstitusi yang terdiri dari pemerintah, oposisi, dan anggota masyarakat sipil.

"Kami percaya pekerjaan komite konstitusi akan menentukan akhir normalisasi situasi di Republik Arab Suriah," ujar Putin.

Sementara itu, menurut seorang profesor di Universitas Sabanci Istanbul, Ahmet Evin, pembentukan komite ini cenderung hanya akan menguntungkan pemimpin Suriah, Bashar al-Assad dengan mendemokratisasikan dan melegitimasi rezim.

"Saya pikir Moskow tepat sasaran dan ini kemenangan bagi Moskow dan Assad," ujar Evin.

Diketahui Rusia dan Iran mendukung rezim Assad, sementara Turki sendiri mendukung pemberontak Suriah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA