Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hubungan Kembali Hangat, AS dan Belarusia Saling Kirim Dubes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 September 2019, 13:29 WIB
Hubungan Kembali Hangat, AS dan Belarusia Saling Kirim Dubes
Hubungan Belarusia dan Amerika Serikat kembali membaik/Net
rmol news logo Amerika Serikat dan Belarusia telah sepakat untuk kembali menjalin hubungan diplomatik. Ini dibuktikan dengan saling berkirim duta besarnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Politik, David Hale, Selasa (17/9).

Dilaporkan Associated Press, dalam kunjungan ke Minsk, Ibukota Belarusia, Hale mengumumkan bahwa AS dan Belarusia akan menghentikan jeda hubungan kedua negara yang dilakukan 11 tahun lalu.

Pada 2008, menanggapi sanksi AS terhadap perusahaan energinya, Belarusia memerintahkan staf Kedutaan Besar AS untuk dikurangi. Bahkan Duta Besar AS saat itu, Karen Stuart, juga diperintah untuk pergi.

Sementara, di Washington, Duta Besar Belarusia saat itu Mikhail Khvostov juga harus berkemas untuk kembali ke negaranya. Perselisihan ini pun bertahan hingga lebih dari satu dekade.

Setelah aksi gontok-gontokan ini, kedutaan kedua negara pun vakum. Namun, sejak Rusia mencaplok Krimea pada 2014, Belarusia sudah mulai menunjukan intensi untuk kembali menjalin hubungan dengan AS.

Hal ini didasari kekhawatiran Belarusia terhadap tindakan agresif Rusia. Karena itu Presiden Belarusia Alexander Lukashenko kemudian menjalin hubungan yang lebih baik dengan Barat.

Lukashenko bahkan mendapat kehormatan karena mengurangi tekanan terhadap oposisi Belarusia dan menjadi mediator dalam upaya untuk mengakhiri perang separatis di Ukraina bagian timur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA