Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Venezuela Gelar Meja Dialog Untuk Berdamai Dengan Oposisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 September 2019, 18:27 WIB
Pemerintah Venezuela Gelar Meja Dialog Untuk Berdamai Dengan Oposisi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Venezuela mulai bebenah diri. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat Meja Dialog Nasional antara pemerintah dan oposisi yang bertujuan untuk memulihkan ekonomi dan sosial yang diambang kehancuran.

Dalam dokumen yang didapatkan Kantor Berita Politik RMOL dari Kedutaan Besar Venezuela di Jakarta, Rabu (18/9), Meja Dialog Nasional dibentuk untuk menyetujui Perjanjian Parsial Pertama oleh perwakilan pemerintah dan perwakilan oposisi dari Partai MAS (Gerakan Sosialisme), Partai Avanzada Prograsista, Partai Soluciones, serta Partai Cambiemos.

Dokumen tersebut menunjukkan pemerintah dan oposisi sepakat untuk:

1. Memperdalam dan memperluas dialog politik dan kelembagaan;
2. Menjamin proses pemilihan umum yang terbuka, bebas, dan universal;
3. Mendesak sistem peradilan melalui Komisi Kebenaran untuk kasus-kasus perampasan kebebasan;
4. Membela hak-hak historis yang sah dari Venezuela atas Guiana Esequiba;
5. Menolak penerapan sanksi ekonomi terhadap Venezuela dan menuntut pencabutannya segera; dan
6. Mengusulkan program pertukaran Minyak-untuk-Makanan, obat-obatan, dan persediaan lainnya sesuai dengan mekanisme PBB.

Sementara poin-poin tersebut telah disepakati, ada poin-poin lain yang masih digodok dalam Perjanjian Parsial selanjutnya seperti kesepakatan mekanisme pemilu, fungsi Majelis Konstituante Nasonal (ANC), hingga kesepakatan koordinasi sektor publik dan swasta.

Nantinya, Perjanjian Parsial ini juga akan disertai degan Meja Dialog Teknis khusus untuk setiap tema dalam rangka meningkatkan substansi, aplikasi, dan menyesuaikannya dengan kerangka peraturan nasional.

Dengan adanya Meja Dialog Nasonal ini diharapkan dapat menjadi jalan keluar untuk bisa hidup berdampingan secara politik dan damai dari segala bentuk perbedaan yang menyebabkan penderitaan bagi rakyat Venezuela.

Di akhir, dokumen tersebut disepakati oleh perwakilan pemerintah dan oposisi. Pemerintah Republik Bolivarian Venezuela diwakili oleh: Delcy Rodriguez Gomez, Jorge Rodriguez Gomez, Aristobulo Isturiz, Jorge Arreaza Moserrat, Blanca Eckout, dan Francisco Torrealba.

Sementara dari Oposisi ditandatangani oleh: Felipe Mujica (MAS), Luis Romero (AP), Claudio Fermin (Soluciones), Timoteo Zambrano (Cambiemos), dan Pedro Veliz (Bandera Roja). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA