Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikuti Jejak Kepulauan Solomon, Kiribati Juga Tinggalkan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 20 September 2019, 14:43 WIB
Ikuti Jejak Kepulauan Solomon, Kiribati Juga Tinggalkan Taiwan
Kiribati kini tak lagi jadi sekutu bagi Taiwan/Net
rmol news logo Taiwan makin kehilangan pesonanya. Satu persatu sekutu-sekutunya mulai pergi. Setelah Kepulauan Solomon memilih beralih ke China, kini Kiribati juga melakukan hal yang serupa.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Reuters
melaporkan, Taiwan menyatakan telah memutuskan hubungan resmi dengan negara kepulauan Pasifik lainnya, Kiribati, pada Jumat (20/9) dan segera menutup kedutaannya di sana. Langkah tersebut hanya berselang beberapa hari setelah Kep. Solomon memutuskan hubungan dengan Taiwan dan beralih ke China.

"Menurut informasi yang diperoleh Taiwan, pemerintah China telah berjanji menyediakan dana penuh untuk pengadaan beberapa pesawat terbang dan feri komersial. Sehingga memikat Kiribati untuk beralih hubungan diplomatik," ujar Menteri Luar Negeri Joseph Wu.

Lebih lanjut, Wu menjelaskan saat ini China memang tengah berusaha untuk menekan dan mengurangi kehadiran Taiwan di dunia internasional. Hingga akhirnya menghancurkan kedaulatan Taiwan.

Wu menambahkan, bahkan China saat ini berusaha mempengaruhi pemilihan presiden dan legislatif Taiwan yang akan datang untuk merusak demokrasi di negara tersebut.

Sejak Presiden Tsai Ing-wen menjabat pada 2016, Taiwan telah kehilangan pengakuan dari tujuh negara. Yaitu Burkina Faso, Republik Dominika, Sao Tome dan Principe, El Salvador, Kep. Solomon, dan Kiribati. Taiwan pun kini hanya memiliki hubungan diplomatik dengan 15 negara di seluruh dunia.

Hingga kini, baik Kiribati maupun China belum memberikan tanggapan ataupun pernyataan terkait situasi tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA