Korsel Ngeluh Ke WTO, Jepang Siap Adakan Pembicaraan Bilateral

Jumat, 20 September 2019, 21:23 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Perang dagang Korea Selatan dan Jepang/Net

Jepang akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Korea Selatan terkait keluhan yang diajukan kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perdagangan dan Industri Jepang, Isshu Sugawara, Jumat (20/9).

KBS melaporkan, pernyataan Sugawara muncul setelah pemerintah melakukan pertemuan Kabinet yang menyetujui permintaan Korsel berkonsultasi sebagai proses penyelesaian sengketa. Sementara itu, jadwal pertemuan sendiri akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Meski demikian, Sugawara menyebut Jepang tetap tidak mengubah pendirian terkait dengan langkah-langkah yang diambilnya karena sesuai dengan konvensi WTO.

Pekan lalu, Korsel mengajukan keluhan kepada WTO lantaran Jepang memiliki alasan politis dan tidak sesuai dengan perjanjian WTO ketika membatasi ekspor yang merugikan perusahaan teknologi raksasa Korsel, Samsung dan LG.

Di bawah aturan WTO, kasus konflik perdagangan akan diberi mandat untuk mengadakan diskusi bilateral terlebih dulu. Jika resolusi tidak dicapai selama periode konsultasi dalam 60 hari, panel ahli akan dibentuk oleh Badan Penyelesaian Sengketa WTO.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Senin, 14 Oktober 2019
Video

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk

Selasa, 15 Oktober 2019
Video

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

Selasa, 15 Oktober 2019