Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS-Meksiko Buat Kesepakatan Untuk Batasi Pengungsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 21 September 2019, 14:30 WIB
AS-Meksiko Buat Kesepakatan Untuk Batasi Pengungsi
Pencari suaka di El Salvador/Net
rmol news logo Amerika Serikat dan El Salvador sepakat mencoba mengurangi aliran migran yang tiba di perbatasan AS-Meksiko dengan memperkuat kapasitas penyedia suaka di El Salvador. Kesepakatan itu diumumkan kedua belah pihak pada Jumat (19/9).

"Inti (kesepakatan) ini adalah mengakui pengembangan sistem suaka mereka sendiri di El Salvador dan berkomitmen untuk membantu mereka membangun kapasitas itu," ujar Pejabat Sekretaris Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, Kevin McAleenan dilansir Reuters.

Mc. Aleenan menambahkan, pencari suaka yang menyeberang melalui El Salvador harus dapat mencari perlindungan di negara Amerika Tengah terlebih dahulu jika bermaksud mengajukan suaka ke Amerika Serikat.

Adapun kesepakatan tersebut telah ditandatangani oleh McAleenan dengan Menteri Luar Negeri El Salvador, Alexandra Hill di Washington. Belum diketahui secara rinci kesepakatan tersebut dan kapan kesepakatan berlaku. Namun menurut Hill, rincian operasional masih dalam tahap pengerjaan.

Sebagai informasi, kesepakatan tersebut merupakan upaya terbaru McAleenan untuk menyegel kesepakatan imigrasi dengan negara-negara Segitiga Utara Amerika Tengah, yaitu Guatemala, Honduras, dan El Salvador.

Sampai kesepakatan ini diumumkan, banyak pihak yang pesimis mengingat sebagian besar migran dari negara lain justru menghindari rute El Salvaador yang kecil dan dilanda kemiskinan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA