Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Termasuk Aktivis Dan Mahasiswa, 350 Pengunjuk Rasa Mesir Ditangkap Dalam Tempo 3 Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 23 September 2019, 17:33 WIB
Termasuk Aktivis Dan Mahasiswa, 350 Pengunjuk Rasa Mesir Ditangkap Dalam Tempo 3 Hari
Lebih dari 350 pengunjuk rasa ditangkap pemerintah Mesir/Net
rmol news logo Sebuah organisasi kemanusiaan nonpemerintah di Mesir menyatakan lebih dari 350 orang telah ditangkap dalam gelombang unjuk rasa yang terjadi baru-baru ini. Aksi unjuk rasa tersebut menuntut pengunduran diri Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi.

Yenisafak melaporkan, Senin (23/9), menurut Komisi Hak Asasi dan Kebebasan Mesir (ECRF) terdapat 356 orang yang telah ditangkap sejak unjuk rasa pada Jumat (20/9). Di antara orang-orang yang ditangkap terdapat aktivis sekaligus pengacara HAM, Mahienour El-Masry, serta wartawan dan mahasiswa.

Diketahui, sejak Jumat (20/9), ratusan pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Kairo bagian tengah dan di beberapa kota untuk melawan pemerintahan Mesir. Presiden Abdel Fattah merupakan mantan jenderal angkatan darat yang berkuasa pada 2014, setelah mengusir Presiden Mohamed Morsi yang terpilih secara demokratis.

Aksi unjuk rasa terjadi setelah seorang pengusaha sekaligus aktor asal Mesir, Mohamed Ali menuduh Abdel Fattah melakukan korupsi dan meminta rakyat Mesir untuk turun ke jalan dan menuntut sang presiden menanggalkan posisinya.

"Jika Abdel Fattah tidak mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis (19/9), maka rakyat Mesir akan keluar ke kota pada Jumat (20/9) sebagai protes," ujar Ali dalam sebuah video yang diunggah pada Selasa (17/9).

Dalam unjuk rasa di Mesir, media asing sangat dibatasi oleh pemerintah. Bahkan Layanan Informasi Mesir (SIS) menyatakan saat ini media sedang dimonitor. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA