Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Perancis Coba "Comblangi" Rouhani Dengan Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 25 September 2019, 16:07 WIB
Presiden Perancis Coba "Comblangi" Rouhani Dengan Trump
Macron berusaha damaikan Trump dan Rouhani/Net
rmol news logo Presiden Perancis, Emmanuel Macron, masih yakin pemipin Amerika Serikat dan Iran bisa melakukan pertemuan di sela-sela Sidang Umum PBB. Karena Macron menilai kedua belah pihak sebenarnya punya keinginan yang sama untuk menghentikan ketegangan diplomatik di antara mereka.

Macron pun terus mendorong adanya pertemuan antara Presiden Iran Hassan Rouhani dengan Presiden AS Donald Trump di sela-sela pertemuan tahunan PBB. Macron bahkan telah mengadakan pertemuan secara terpisah dengan Trump dan Rouhani.

"Saya percaya bahwa kondisi seperti saat ini akan mengembalikan negosiasi yang sudah dibuat. Tapi itu tergantung kepada keinginan kedua belah pihak," ujar Macron seperti yang dilansir oleh Al Jazeera, Selasa (24/9).

Lebih lanjut, Macron mengungkapkan, baik Iran maupun AS memiliki niat yang sama untuk menghentikan ketegangan. Termasuk untuk menjalin kesepakatan jangka panjang. Oleh karenanya, Macron merasa Rouhani dan Trump tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan saat ini.

"Saya tidak berpikir dalam beberapa minggu dan bulan mendatang akan ada kesempatan baginya (Rouhani) untuk kembali ke AS, dan saya tidak berpikir Presiden Trump akan pergi ke Teheran," tambah Macron

Namun, upaya Macron tampaknya tidak akan mudah terwujud. Karena Rouhani pernah mengatakan dirinya tidak akan bertemu dengan Trump sebelum sanksi yang diberlakukan AS terhadap Iran dicabut. Rouhani juga mengindikasikan tidak akan melakukan sesi foto bersama dan bertemu Trump, sebelum mendapatkan komitmen AS.

Macron sendiri dikenal tengah berusaha menjadi mediator perselisihan AS dan Iran. Macron bahkan menawarkan sejumlah bantuan ekonomi demi membujuk Rouhani agar mau bertemu dengan Trump.

Tidak hanya Macron, beberapa pemimpin dunia lainnya juga sangat mengharapkan Rouhani dan Trump bisa membuat sebuah pertemuan bersejarah. Sekaligus mengakhiri ketegangan di antara kedua negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA