Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saat Negara Di Pasifik Merapat Ke China, Kepulauan Marshall Tetap Bersekutu Dengan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 26 September 2019, 08:58 WIB
Saat Negara Di Pasifik Merapat Ke China, Kepulauan Marshall Tetap Bersekutu Dengan Taiwan
Taiwan/Net
rmol news logo Di tengah hengkangnya sekutu-sekutu Taiwan di Pasifik, pemerintah Kepulauan Marshall menegaskan dukungannya bagi negara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Rabu (25/9), pemerintah Kepulauan Marshall mengatakan telah mengadopsi resolusi untuk menunjukkan penghargaan yang mendalam kepada rakyat dan pemerintah Taiwan.

"Kita semua telah melihat upaya China untuk memperluas wilayah dan jejaknya, dan ini harus menjadi perhatian besar bagi negara-negara demokratis," kata Presiden Kepulauan Marshall, Hilda Heine, seperti dimuat Reuters.

Langkah tersebut disambut baik oleh Taiwan, namun tidak oleh China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan kerjasama yang semakin dijalin antara negeri tirai bambu dan negara-negara di Pasifik telah membawa manfaat nyata bagi negara-negara tersebut.

"Siapa pun yang memahami situasinya dan tidak berprasangka dapat melihat ini dengan sangat jelas," kata jurubicara tersebut ketika ditanya tentang kritik Heine terhadap peran China di Pasifik.

Sebelumnya diketahui bahwa dua negara di Pasifik, yakni Kepulauan Solomon dan Kiribati memutuskan untuk mengalihkan dukungan dari Taiwan ke China serta menjalin kerjasama lebih erat dengan negara tersebut.

Dengan demikian, saat ini Taiwan masih mempertahankan hubungan formal dengan 15 negara di dunia. Sebagian besar adalah negara-negara kecil di Amerika Tengah dan Pasifik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA