Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diiringi Transfer Teknologi, Turki Jual 4 Kapal Perang ke Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 01 Oktober 2019, 15:49 WIB
Diiringi Transfer Teknologi, Turki Jual 4 Kapal Perang ke Pakistan
Turki telah sepakat dengan Pakistan soal kapal perang buatan mereka/Net
rmol news logo Kerja sama antara Turki dan Pakistan dalam bidang militer bakal semakin panjang. Selasa (1/10), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan telah memulai pembangunan kapal perang yang telah dipesan oleh Angkatan Laut Pakistan.

Menurut HindustanTimes yang melansir dari Anadolu News Agency, pengumuman ini dilakukan Erdogan ketika menghadiri upacara penugasan kapal Angkatan Laut Turki yang baru, TCG Kinaliada dan kapal kelas MILGEM (program kapal perang nasional Turki) untuk Pakistan, Minggu (29/9).

"Angkatan Laut kami kaya dengan kemenangan gemilang, membawa warisan ini ke masa depan dengan semakin memperkuatnya," ujar Erdogan, membanggakan industri perkapalan Turki.

Turki memang salah satu dari 10 negara di dunia yang mampu membangun, merancang, dan memelihara kapal perang menggunakan kemampuan nasionalnya sendiri. Sehingga, Erdogan berharap Pakistan akan mendapat manfaat dari kapal yang akan mulai dibuat pada Minggu (29/9).

Lebih lanjut, Erdogan mengatakan bahwa hubungan Pakistan dan Turki memiliki potensi besar untuk kerja sama di bidang produksi pertahanan. Diketahui pada Juli 2018, Angkatan Laut Pakistan telah menandatangani kontrak untuk akuisisi empat kapal kelas MILGEM, yang dapat bersembunyi dari radar.

Setelah sambutan Erdogan, Komandan Angkatan Laut Pakistan, Laksamana Zafar Mahmood Abbasi dan Erdogan memotong pelat logam pertama dari empat korvet kelas MILGEM.

Nantinya, dua korvet akan dibangun di Turki. Sementara dua lainnya akan dibangun di Pakistan melalui transfer teknologi. Kapal perang MILGEM sendiri memiliki panjang 99 meter dengan kapasitas  24,00 ton dan kecepatan 29 knot. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA