Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Microsoft: Ada Hacker Targetkan Kampanye Pemilu AS, Indikasinya Dari Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 05 Oktober 2019, 13:42 WIB
Microsoft: Ada <i>Hacker</i> Targetkan Kampanye Pemilu AS, Indikasinya Dari Iran
Microsoft/Net
rmol news logo Sebuah kelompok hacker yang terkait dengan pemerintah Iran menargetkan kampanye presiden Amerika Serikat 2020. Hal tersebut diungkap oleh perusahaan teknologi komputer terkemuka, Microsoft Corp pada Jumat (4/10).

Dikutip Al Jazeera, Microsoft menyebut kelompok hacker bernama Fostor telah melakkukan lebih dari 2.700 upaya mengidentifikasi akun email konsumen milik pelanggan tertentu dan menyerang 241 akun di antaranya.

Aksi tersebut dimulai antara Agustus hinggga September selama 30 hari, dengan target meliputi akun pejabat pemerintah AS, media dan wartawan yang meliput politik global, serta warga Iran yang berdiaspora.

Microsoft mengungkapkan, informasi yang digunakan Fosfor dikumpulkan dari fitur pemulihan akun dan berusaha mengambil alih beberapa akun yang ditargetkan.

Meski demikian, menurut Microsoft, secara teknis serangan yang dilakukan tidak canggih.

Microsoft mengaku telah melacak Fosfor yang juga dikenal sebagai APT 35, Charming Kitten, dan SecurityTeam Ajax sejak 2013. Hingga kini, pemerintah Iran belum berkomentar apapun.

Serangan terhadap kampanye Amerika Serikat bukan hanya sekali ini terjadi. Sebelumnya, badan intelijen AS juga pernah menyimpulkan bahwa Rusia menjalankan operasi peretasan dan propaganda untuk menganggu pemilu AS pada 2016. Tujuannya, membantu kandidat Republikan, Donald Trump menang meski pada akhirnya dibantah Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA