Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cari Mitra Baru, Korsel Siap Jalin Perdagangan Bebas Dengan 3 Negara ASEAN

Senin, 07 Oktober 2019, 16:27 WIB
Cari Mitra Baru, Korsel Siap Jalin Perdagangan Bebas Dengan 3 Negara ASEAN
Korsel ngebut dapatkan mitra dagang di kawasan Asia Tenggara/Net
rmol news logo Korea Selatan tengah bekerja keras untuk merealisasikan rencana perdagangan bebas (free trade) dengan Malaysia, Filipina, dan Indonesia sudah disepakati sebelum November. Sehingga saat diadakan Konferensi Tingkat Tinggi antara ASEAN dan Korea Selatan pada November mendatang, kesepakatan tersebut hanya tinggak ketuk palu.

Menurut kantor berita Yonhap, negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia tersebut memang ingin memiliki perjanjian perdagangan bebas di ASEAN. Tidak hanya itu, Korea Selatan juga berusaha memperluas hubungan ekonomi melalui kerjasama bilateral dengan negara-negara lainnya.

Penasihat pemerintah dalam urusan ekonomi, Joo Hyung Chul mengatakan, Korsel dan negara ASEAN sepakat bahwa perdagangan antara kedua belah pihak harus dipererat di tengah meningkatnya perdagangan yang penuh proteksi.

Hyung Jul juga menegaskan Korsel berusaha untuk melakukan kesepakatan dengan tiga negara ASEAN sebelum KTT akhir yang akan diadakan di Busan, Korsel, seperti dilansir Vietnamplus pada Minggu (7/10).

Kerjasama tersebut diharapkan akan memberi keuntungan yang besar bagi Korsel. Sebagai contoh, Malaysia saat ini telah menjadi mitra dagang terbesar keempat Korsel di Asia Tenggara. Nilai perdagangan kedua negara pada 2018 mencapai 19,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 27 triliun.

Jika perdagangan bebas dengan tiga negara tersebut berhasil dicapai, target Korea Selatan selanjutnya menjalin hubungan perdagangan dengan Vietnam dan Singapura. rmol news logo article
Laporan: Ahda Sabila

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA