Stabilitas Ekonomi Taiwan Paling Kuat, Pengusaha Alihkan Investasi Dari China

Selasa, 08 Oktober 2019, 21:06 WIB
Laporan: Ichsan Yuniarto

Resepsi Hari Nasional Taiwan ke-108 di Hotel Borobudur, Jakarta/RMOL

Republik China atau Taiwan diakui sebagai negara yang memiliki stabilitas ekonomi paling tinggi di dunia.

Tak hanya itu, Taiwan juga tercatat sebagai satu dari empat negara paling inovatif di dunia, menyusul Amerika Serikat, Jerman, dan Swiss.

Hal ini menjadikan Taiwan menduduki peringkat ketujuh negara dengan sistem keuangan paling kuat di dunia.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipeo (TETO) Dubes John Chen menuturkan, dari data World Competitiveness Report 2018 yang disusun Swiss World Economic Forum (SWEF) ini menempatkan Taiwan pada posisi ke-13 dunia, sementara di kawasan Asia Pasifik Taiwan menduduki posisi ke-4.

"Lingkungan investasi Taiwan terus membaik, dan menarik lebih banyak investasi asing," ujar Dubes John Chen di resepsi Hari Nasional Ke-108 Republik China di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa malam (8/10).

Sambil mencontohkan investasi raksasa server global Supermicro, John Chen menuturkan jika Google juga telah mengumumkan akan memperluas operasi di Taiwan.

John Chen menambahkan, tahun ini investor Taiwan yang sebelumnya berinvestasi di China daratan memutuskan untuk mengalihkan investasi ke kampung halaman sendiri di Taiwan.

"Dari awal tahun sampai September ini, jumlah investasi telah mencapai 580 miliar dolar Taiwan, menciptakan lebih dari 28.500 lapangan kerja," sambungnya.

Resepsi Hari Nasional Taiwan kali ini dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang diundang secara khusus untuk ikut memotong kue ulang tahun.

Resepsi dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara, Zhōnghuá Mínguó Guóg dan Indonesia Raya.

Kolom Komentar


Video

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Senin, 14 Oktober 2019
Video

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk

Selasa, 15 Oktober 2019
Video

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

Selasa, 15 Oktober 2019