Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala TETO: New Southbound Policy Buat Taiwan Makin Dekat Dengan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 09 Oktober 2019, 09:32 WIB
Kepala TETO: New Southbound Policy Buat Taiwan Makin Dekat Dengan Indonesia
Sambutan Kepala TETO John Chen/RMOL
rmol news logo Lebih dari seabad Republik China atau Taiwan berdiri dan begitu banyak pencapaian yang didapatkan. Dalam pemerintahan Presiden Tsai Ing-wen, Taiwan diketahui mulai mengubah arah kebijakan luar negerinya.

The New Southbound Policy atau kebijakan baru ke arah selatan ini pertama kali Tsai keluarkan pada 2016 untuk fokus pada kerja sama dengan negara-negara di selatan, termasuk Indonesia.

Didorong dengan kebijakan ini, Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei, (TETO) John Chen mengaku hubungan bilateral Taiwan dan Indonesia sudah semakin maju, khususnya dalam bidang ekonomi, pendidikan, hingga kemanusiaan.

"Saat ini ada lebih dari 2.000 perusahaan Taiwan beroperasi di Indonesia menyediakan jutaan peluang kerja. Taiwan juga berpartisipasi dalam proyek infrastruktur penting seperti Jakarta Rapid Transit dan Jakarta Light Rail,"  ujar Chen dalam sambutannya di Hari Nasional ke-208 Republik China di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa malam (8/10).

Selain investasi infrastruktur, Chen juga mengungkapkan pertukaran manusia, baik untuk bekerja maupun bersekolah sangat tinggi di antara kedua negara.

Sekitar 300.000 orang Indonesia diketahui saat ini tinggal di Taiwan. 12 ribu di antaranya merupakan pelajar dengan berbagai program beasiswa hasil kerja sama kedua pemerintah.

Sebagai mitra penting bagi Taiwan, Indonesia selalu dikedepankan oleh Taiwan. Buktinya Chen menuturkan, "Taiwan selalu menunjukkan solidaritas dengan berbagai kerja sama kemanusiaan seperti bantuan bencana, pencegahan demam berdarah, hingga modernisasi pertanian."

Pada dasarnya, kedekatan hubungan Taiwan dan Indonesia dapat dilihat di kehidupan sehari-hari. Produk-produk minuman Taiwan seperti  Chatime, KOI, CoCo, Happiness Hall, dan Tiger Sugar sudah tidak aneh lagi dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Sementara itu, banyak masyarakat Indonesia menggunakan laptop dengan merek Asus dan Acer yang merupakan buatan Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA