Geser AS, Ekonomi Singapura Paling Kompetitif Di Dunia

Rabu, 09 Oktober 2019, 14:13 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Ilustrasi Singapura/Net

Singapura berhasil menggeser posisi Amerika Serikat sebagai negara dengan ekonomi paling kompetitif pada 2019. Demikian laporan "Global Competitiveness Report" dari Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang dirilis Selasa (8/10).

Dimuat Channel News Asia, Singapura mencetak skor 84,8 dari skala 0 hingga 100. Sementara itu, AS tergelincir dari 85,6 pada tahun lalu menjadi 83,7. Diduga faktor utamanya adalah karena perang dagang dengan China.

Di bawah AS terlihat ada Hong Kong yang naik dari posisi ketujuh menjadi ketiga dengan skor 83,1. Namun WEF menjelaskan data yang dikumpulkan dan digunakan sebelum adanya gelombang protes pada Juni lalu hingga saat ini.

Selain itu, Belanda dan Swiss saling susul dengan urutan keempat dan kelima.

Global Competitiveness Report sendiri mengukur daya saing negara berdasarkan faktor-faktor yang mencakup infrastruktur, kesehatan, pasar tenaga kerja, sistem keuangan, kualitas lembaga publik, hingga keterbukaan ekonomi.

Dengan digesernya AS oleh Singapura dinilai menjadi bukti dampak negatif keputusan politik Presiden AS Donald Trump.

Namun Direktur Pengelola WEF, Saadia Zahidi mencatat, "data keras" untuk menilai dampak negatif tarif AS sangatlah kurang, karena rangkaian produk yang terpengaruh tetap terbatas dibandingkan dengan perdagangan keseluruhan. Meski demikian, Zahidi mengakui bahwa sentimen investasi di AS telah menurun.

"Itu (perang dagang) pada akhirnya akan berdampak pada investasi jangka panjang; itu akan berdampak pada bagaimana para pembuat keputusan berpikir; yang pada akhirnya akan berdampak pada pandangan para pemimpin bisnis. Jadi itu penting dalam jangka panjang," pungkas Zahidi.

Kolom Komentar


Video

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Senin, 14 Oktober 2019
Video

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk

Selasa, 15 Oktober 2019
Video

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

Selasa, 15 Oktober 2019