Berkelakar, Saat Putin Ulang Tahun Trump Malah Beri Ucapan Ke Abe

Rabu, 09 Oktober 2019, 15:39 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Donald Trump bersama Shinzo Abe/Net

Senin lalu (7/10) tampaknya membuat Presiden Amerika Serikat Donald Trump bersemangat karena pencapaian kesepakatan dagang dengan Jepang. Sangking bersemangatnya, Trump sampai salah mengucapkan hari ulang tahun pada rekannya, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Saya ingin memulai dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman baik saya, Perdana Menteri Abe dari Jepang. Dia berusia 39 tahun hari ini," ujar Trump sembari tertawa sebelum menandatangani kesepakatan dagang benilai miliaran rupiah itu.

Sayangnya, Japan Times mengabarkan ulang tahun Abe, "sebutan" Trump kepada Abe adalah 21 September lalu dan usianya 65 tahun. Sangat jauh dengan apa yang diucapkan oleh Trump meski diindikasi referensi Trump mengenai usia tersebut hanya lelucon semata.

Namun diketahui, Senin lalu itu adalah hari ulang tahun rekan Trump yang lain, yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin yang pada hari itu berusia 67 tahun mengaku tidak mendapatkan ucapan ulang tahun dari Trump.

Usut punya usut, Trump yang selalu kontroversial belum tentu "tidak sengaja" mengucapkan selamat ulang tahun pada Abe. Tetapi tidak jelas apa alasan dibalik ucapan tersebut.

Sementara itu, Gedung Putih tidak memberikan komentar apapun perihal insiden salah ucap ini.   

Selain itu, Trump yang mengaku sangat dekat dengan Abe terkadang salah sebut jabatan Abe sebagai presiden alih-alih perdana menteri. Meski demikian, Trump selalu memuji Abe sebagai "pria yang istimewa".

"Dia pria yang hebat dan kami telah sukses luar biasa," kata Trump.

Kolom Komentar


Video

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Senin, 14 Oktober 2019
Video

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk

Selasa, 15 Oktober 2019
Video

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

Selasa, 15 Oktober 2019