Berseteru Soal Hong Kong, NBA Batalkan Beberapa Acara Di China

Rabu, 09 Oktober 2019, 17:28 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

NBA tunda dan batalkan beberapa acara di China/AP

Sejumlah agenda berkenaan dengan Persatuan Bola Basket Nasional Amerika (NBA) yang digelar di Sanghai ditunda dan dibatalkan. Setidaknya, sesi media untuk Brooklyn Nets dan Los Angeles Lakers, Rabu (9/10) ditunda lantaran perseteruan dengan pemerintah China.

"Mengingat kelancaran situasinya, ketersediaan media hari ini telah ditunda," ujar NBA seperti dimuat Associated Press.

Sesi media adalah salah satu dari beberapa acara NBA sebelum dimulainya pertandingan di Shenzhen pada Sabtu (12/10). Acara lain seperti NBA Cares dan perayaan malam penggemar bahkan telah dibatalkan.

Namun, belum diketahui apakah pertandingan masih akan tetap berjalan atau tidak. Hal ini dipicu oleh cuitan General Manajer Houston Rockets, Daryl Morey di twitter yang mendukung demonstran anti-pemerintah di Hong Kong.

Cuitan tersebut juga didukung oleh Komisaris NBA, Adam Silver terkait dengan hak kebebasan berbicara. Imbasnya, beberapa perusahaan China langsung menangguhkan kemitraan mereka dengan NBA. Acara penyiaran China, CCTV juga menyatakan tidak akan menyiarkan pertandingan Lakers-Nets.

"Saya bersimpati pada kepentingan kami di sini dan kepada mitra kami yang kesal. Saya merasa konsisten untuk bersimpati kepada mereka dan di sisi lain perpegang teguh pada prinsip kami," kata Silver.

Kapala Pelatih NBA, San Antonio Gregg Popovich juga mendukung Silver. Sedangkan, pelatih lainnya belum begitu bersedia membahas situasi ini.

"Itu tidak mudah baginya untuk mengatakan hal tersebut. Dia mengatakan itu dalam lingkungan yang penuh kemungkinan bahaya ekonomi. Tetapi dia memihak prinsip-prinsip yang kita semua pegang teguh. Jadi saya senang dengan apa yang dia katakan," kata Popovich.

Di seluruh China, toko-toko yang menjual barang dagangan NBA mulai menarik atribut yang berkaitan dengan Rockets. Banyak juga mural yang menampilkan Rockets dilukis ulang meski pemain andalan asal China, Yao Ming menjadi bagian dari Houston Rockets.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Senin, 14 Oktober 2019
Video

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk

Selasa, 15 Oktober 2019
Video

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

Selasa, 15 Oktober 2019