Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berseteru Soal Hong Kong, NBA Batalkan Beberapa Acara Di China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 09 Oktober 2019, 17:28 WIB
Berseteru Soal Hong Kong, NBA Batalkan Beberapa Acara Di China
NBA tunda dan batalkan beberapa acara di China/AP
rmol news logo Sejumlah agenda berkenaan dengan Persatuan Bola Basket Nasional Amerika (NBA) yang digelar di Sanghai ditunda dan dibatalkan. Setidaknya, sesi media untuk Brooklyn Nets dan Los Angeles Lakers, Rabu (9/10) ditunda lantaran perseteruan dengan pemerintah China.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Mengingat kelancaran situasinya, ketersediaan media hari ini telah ditunda," ujar NBA seperti dimuat Associated Press.

Sesi media adalah salah satu dari beberapa acara NBA sebelum dimulainya pertandingan di Shenzhen pada Sabtu (12/10). Acara lain seperti NBA Cares dan perayaan malam penggemar bahkan telah dibatalkan.

Namun, belum diketahui apakah pertandingan masih akan tetap berjalan atau tidak. Hal ini dipicu oleh cuitan General Manajer Houston Rockets, Daryl Morey di twitter yang mendukung demonstran anti-pemerintah di Hong Kong.

Cuitan tersebut juga didukung oleh Komisaris NBA, Adam Silver terkait dengan hak kebebasan berbicara. Imbasnya, beberapa perusahaan China langsung menangguhkan kemitraan mereka dengan NBA. Acara penyiaran China, CCTV juga menyatakan tidak akan menyiarkan pertandingan Lakers-Nets.

"Saya bersimpati pada kepentingan kami di sini dan kepada mitra kami yang kesal. Saya merasa konsisten untuk bersimpati kepada mereka dan di sisi lain perpegang teguh pada prinsip kami," kata Silver.

Kapala Pelatih NBA, San Antonio Gregg Popovich juga mendukung Silver. Sedangkan, pelatih lainnya belum begitu bersedia membahas situasi ini.

"Itu tidak mudah baginya untuk mengatakan hal tersebut. Dia mengatakan itu dalam lingkungan yang penuh kemungkinan bahaya ekonomi. Tetapi dia memihak prinsip-prinsip yang kita semua pegang teguh. Jadi saya senang dengan apa yang dia katakan," kata Popovich.

Di seluruh China, toko-toko yang menjual barang dagangan NBA mulai menarik atribut yang berkaitan dengan Rockets. Banyak juga mural yang menampilkan Rockets dilukis ulang meski pemain andalan asal China, Yao Ming menjadi bagian dari Houston Rockets. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA