Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gara-gara Si Gadis Biru, Wanita Iran Boleh Nonton Pertandingan Sepakbola Di Stadion Mulai Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 10 Oktober 2019, 06:48 WIB
Gara-gara Si Gadis Biru, Wanita Iran Boleh Nonton Pertandingan Sepakbola Di Stadion Mulai Hari Ini
Supporter sepakbola wanita Iran/Net
rmol news logo Setelah empat dekade, akhirnya wanita Iran akan kembali diizinkan untuk masuk ke dalam stadion sepakbola mulai hari ini (Kamis, 10/10).

Keputusan itu diambil Iran setelah setelah badan sepakbola dunia, FIFA mengancam untuk menangguhkan Iran atas kebijakan kontroversialnya yang hanya mengizinkan pria untuk masuk ke dalam stadion sepakbola.

Larangan itu sendiri sebenarnya telah diberlakukan selama sekitar 40 tahun di Iran dengan landasan pendapat ulama yang menilai bahwa wanita harus dilindungi dari atmosfer maskulin.

Namun pada bulan lalu FIFA memerintahkan Iran untuk mengizinkan perempuan mengakses stadion tanpa batasan dan dalam jumlah yang ditentukan oleh permintaan tiket.

Perintah itu dikeluarkan FIFA setelah seorang penggemar sepakbola wanita Iran yang dijuluki "Gadis Biru" meninggal setelah membakar dirinya sendiri karena takut dipenjara setelah kedapatan mengenakan pakaian seperti anak laki-laki demi menyamarkan diri agar bisa masuk ke stadion sepakbola dan menonton pertandingan secara langsung.

Keputusan FIFA itu disambut baik wanita Iran. Mereka berbondong-bondong memborong tiket untuk menghadiri kualifikasi Piala Dunia Iran 2022 melawan Kamboja di Stadion Azadi Teheran, yang akan digelar hari ii (Kamis, 10/10).

Begitu besarnya antusiasme tersebut, hingga gelombang pertama perjualan tiket ludes hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Salah satu dari 3.500 wanita yang mendapatkan tiket untuk menonton pertandingan tersebut adalah Raha Poorbakhsh, dia merupakan seorang jurnalis sepakbola.

"Saya masih tidak percaya ini akan terjadi karena setelah bertahun-tahun bekerja di bidang ini, menonton semua yang ada di televisi, sekarang saya bisa mengalami semuanya secara langsung," ujarnya, seperti dimuat The Guardian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA