Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dobrak Pembangunan Ekonomi, Maroko Optimalkan Sektor Perbankan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 14 Oktober 2019, 14:49 WIB
Dobrak Pembangunan Ekonomi, Maroko Optimalkan Sektor Perbankan
Bank Sentral Maroko, Bank Al Maghrib/Net
rmol news logo Maroko sedang gencar melakukan pembangunan di segala bidang. Tak hanya di infrastruktur, negara yang terletak di Afrika Utara yang berbatasan dengan Spanyol ini juga membangun usaha ekonomi skala kecil dan menengah.

Guna mencapai visi dan misi tersebut, Raja Maroko Mohammed VI mengatakan sektor perbankan harus lebih dioptimalkan. Demikian yang ia sampaikan dalam pidato pembukaan sesi parlemen di Rabat, Jumat (11/10).

"Alhamdulillah, Maroko memiliki sektor perbankan yang dinamis, kuat, dan profesional yang berkontribusi pada ketahanan dan pengembangan ekonomi kita," ujar Raja Mohammed VI.

"Namun, beberapa segmen masyarakat masih memiliki persepsi negatif terhadap sektor perbankan, seolah-olah bank hanya tertarik pada keuntungan yang cepat dan terjamin," imbuhnya.

Lebih lanjut Mohammed mengatakan, perlu adanya perubahan mentalitas dalam pelayanan sipil. Sehingga sektor perbankan harus menunjukkan komitmen yang lebih besar dan efektif, khususnya yang berkaitan dengan pembiayaan proyek dan dukungan untuk kegiatan produktif yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

"Untuk tujuan ini, saya meminta pemerintah dan Bank Sentral Maroko untuk berkoordinasi dengan Kelompok Profesional Bank Maroko dalam rangka mengembangkan program khusus untuk memberikan dukungan keuangan kepada lulusan muda dan mendanai proyek wirausaha kecil," paparnya.

Selain itu, Mohammed membeberkan tiga langkah untuk mengoptimalkan sektor perbanan. Pertama, pemerintah akan memudahkan pinjaman kepada anak muda dan pemegang proyek yang memenuhi syarat.

"Kedua, memberikan dukungan keuangan kepada usaha kecil dan menengah yang berorientasi ekspor. Ketiga, memfasilitasi akses publik ke layanan perbankan," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA