Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menunggang Kuda Putih, Isyarat Kim Jon Un Siap Lawan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 Oktober 2019, 17:52 WIB
Menunggang Kuda Putih, Isyarat Kim Jon Un Siap Lawan AS
Kim Jong Il/Net
rmol news logo Sanksi Amerika Serikat tidak membuat Korea Utara gentar. Bahkan dengan gagah berani, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengisyaratkan negaranya tetap kuat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Isyarat itu ditunjukkan dengan unggahan foto terbaru Kim Jong Un menunggang kuda putih di Gunung Paektu. Foto itu diunggah di media pemerintah Korea Utara, KCNA pada Rabu (16/10).

Kim Jong Un mengungkapkan bahwa situasi Korea Utara memang sedang sulit karena sanksi dan tekanan yang tak henti-hentinya dari pasukan musuh. Tidak sedikit juga kesulitan dan cobaan yang menghadang negari di Semanjung Korea itu.

"Tetapi orang-orang kami tumbuh lebih kuat melalui cobaan dan menemukan cara pengembangan mereka sendiri dan belajar bagaimana selalu menang dalam menghadapi cobaan," tambah Kim.

Putra dari Kim Jong Il itu mengingatkan bahwa kepedihan yang disebabkan oleh pasukan anti-Korea Utara yang dipimpin AS akan berubah menjadi kemarahan.

Sementara itu, dilansir dari The Washington Post, kuda putih merupakan simbol propaganda untuk keluarga Kim yang selama tujuh dekade memerintah Korea Utara. Tidak hanya Kim, KCNA juga pernah memberitakan saudara perempuan dan ayahnya mengunggangi kuda yang sama.

Presiden Abadi Korea Utara, Kim Il Sung pernah menunggangi kuda putih saat berperang melawan kolonial Jepang.

Di sisi lain, media Korea Selatan berspekulasi Kim saat ini tengah mempertimbangkan strategi baru melawan AS. Mengingat dalam dokumen-dokumen Korea Utara, Kim Il Sung memiliki pangkalan gerilya anti-Jepang di lereng Paektu.

Korea Utara sendiri telah "ditampar" dengan 11 putaran sanksi AS sejak tahun 2006. Sanksi tersebut makin diperketat ketika Kim mulai melakukan serangkaian uji coba nuklir dan rudal tingkat tinggi yang dimulai pada 2016.

Sedangkan pembicaraan denuklirasasi Korea Utara dan AS di Stockholm baru-baru ini dinyatakan telah gagal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.