Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Otoritas Rusia Keluarkan Tiga Diplomat Dari Kereta Karena Melalui Area Terlarang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 17 Oktober 2019, 09:42 WIB
Otoritas Rusia Keluarkan Tiga Diplomat Dari Kereta Karena Melalui Area Terlarang
Severodvinsk/RT
rmol news logo Otoritas Rusia mengeluarkan tiga diplomat Amerika Serikat dari dalam kereta api saat melakukan perjalanan melalui daerah terlarang di Rusia dari Nenoksa ke Severodvinsk awal pekan ini.

Daerah tersebut terlarang karena menamung situs militer utama bagi Angkatan Laut Rusia.

Para diplomat yang dikeluarkan dari kereta adalah atase Angkatan Laut Amerika Serikat dan dua atase militer lainnya.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Rusia membenarkan insiden itu. Namun dia menepis tuduhan bahwa para diplomat telah melanggar aturan. Mereka tengah dalam kunjungan resmi yang telah disahkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Otoritas Rusia membenarka bahwa ketiga diplomat itu melakukan kunjungan resmi. Namun mereka berakhir di tempat yang salah.

Menurut pihak Rusia, para diplomat Amerika Serikat itu hanya meminta izin kepada Kementerian Pertahanan untuk melakukan perjalanan ke kota Arkhangelsk dan bukan ke Severodvinsk. Dua wilayah tersebut terpaut jarak sekitar 45 kilometer.

Dikabarkan Russia Today, di Severodvinsk terdapat galangan kapal utama untuk Armada Utara Rusia, serta menampung pangkalan untuk kapal selam bertenaga nuklir.

Sementara itu, Nenoksa adalah rumah bagi tempat pengujian militer rahasia Rusia. Pada Agustus lalu, sebuah mesin misil prototipe dengan sumber daya isotop meledak selama percobaan di wilayah tersebut. Insiden itu bahkan sempat memicu rumor adanya kebocoran radiasi.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah dugaan kebocoran radiasi serta dan membantah laporan operasi pembersihan nuklir besar-besaran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA