China Kepergok Tengah Bangun Kapal Induk Besar

Jumat, 18 Oktober 2019, 11:25 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

proses pembangungan yang diduga kapal induk China/Net

China tampaknya terus membangun kekuatan militer mereka. Pasalnya, China diketahui tengah membangun sebuah kapal induk berukuran besar pertamanya. Hal yang bisa semakin memicu kekhawatiran negara-negara rival.

Hal itu dibuktikan melalui gambar-gambar beresolusi tinggi dari citra satelit yang beberapa waktu lalu terungkap. Dalam gambar-gambar tersebut terlihat konstruksi kapal induk besar China dari Oktober 2018 hingga September 2019 yang berada di luar Shanghai.

Seperti yang terlihat, konstruksi ini memiliki kemajuan yang cukup signifikan. Diduga akan jadi kapal induk besar pertama yang diproduksi di galangan kapal Jiangnan, seperti yang dilansir dari Reuters, Kamis (17/10).

Gambar-gambar tersebut diperoleh oleh Centre of Strategic and International Studies (CSIS) yang kemudian diberikan kepada Reuters. Ada tiga periode waktu ketika gambar diambil, yaitu 3 Oktober 2018, 17 April 2019, dan 18 September 2019.

Menurut CSIS, dari serangkaian prafabrikasi, sekat dan komponen lainnya, lambung kapal itu harus selesai dalam waktu 12 bulan sebelum dipindahkan ke pelabuhan untuk dirakit ulang. Diproyeksikan, kapal induk ini akan jauh lebih besar dari kapal perusak dan kapal perang lain yang juga berlabuh di sana.

Sementara itu, CSIS juga menjelaskan, pelabuhan luas di muara Sungai Yangtze, termasuk dermaga sepanjang hampir 1 km dan bangunan besar untuk pembuatan komponen kapal, juga terlihat sudah hampir selesai. Sebagian besar area pelabuhan tampaknya merupakan lahan pertanian yang telah ditinggalkan.

"Kita bisa melihat kemajuan lambat tapi stabil di lambung kapal, tapi saya pikir hal yang sangat mengejutkan yang ditunjukkan gambar ini adalah penumpukan infrastruktur luas yang telah berjalan secara bersamaan," kata analis CSIS, Matthew Funaiole.

Funaiole menambahkan,"Sulit membayangkan semua ini dilakukan hanya untuk satu kapal. Ini lebih mirip ruang khusus untuk kapal induk dan atau kapal besar lainnya."

Hingga kabar tersebur beredar luas, Kementerian Pertahanan China sendiri belum menanggapi hal ini.

Baru-baru ini AL China sudah meluncurkan empat kapal penjelajah besar Tipe 055 dan kapal induk besar pertamanya yang dikenal dengan Tipe 075.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Sebelum Angkat Ahok, Baiknya Erick Thohir Konsultasi Kasus Sumber Waras Ke KPK

Rabu, 13 November 2019
Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019
Video

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Jumat, 15 November 2019