Bulan Depan, Trump Optimistis Teken Perjanjian Dagang Fase 1 Dengan China

Selasa, 22 Oktober 2019, 15:35 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Presiden AS, Donald Trump/Net

Presiden Amerika Serikat Donald Trump masih optimistis soal kesepakatan dagang dengan China. Buktinya, Trump menyatakan kemungkinan adanya penandatanganan perjanjian  fase 1 pada November mendatang.

"Kami pikir, kami akan mendapatkan penandatanganan dokumen lengkap dengan China pada fase satu," ujar Trump di Gedung Putih, Senin (21/10), seperti diberitakan Channel News Asia.

Hal tersebut dibenarkan oleh Perwakilan Dagang AS, Robert Lighthizer. Pihak AS diakui Lighthizer sedang berupaya membuat komitmen perjanjian di atas kertas sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di Chile pada bulan depan.

"Target kami adalah untuk mendapatkan kesepakatan fase satu pada saat Anda (Trump) pergi ke Chile," ujarnya kepada Trump.

Trump pun berharap dapat menandatangani perjanjian tersebut di sela-sela KTT ketika dia bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Dalam perjanjian parsial fase satu tersebut terdapat kesepakatan lonjakan pembelian ekspor pertanian AS oleh China. Termasuk mencakup kesepakatan hak kekayaan intelektual, jasa keuangan, dan pertukaran mata uang,

Bahkan menurut Trump, China telah mulai mengimpor produk pertanian AS. Padahal kesepakatan belum resmi diteken.

Ketika ditanyai dalam sebuah forum pertahanan di Beijing, Wakil Menteri Luar Negeri China Le Yucheng mengatakan China menginginkan hubungan yang berdasarkan pada koordinasi, kerja sama, dan stabilitas dengan AS.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Provinsi Jawa Barat Raya

Jumat, 13 Desember 2019
Video

Ini Janji-Janji Gibran Usai Resmi Sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo 2020

Sabtu, 14 Desember 2019
Video

Panen Koruptor di Jawa Barat

Sabtu, 14 Desember 2019