Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Kunjung Kondusif, Pemerintah China Berencana Copot Carrie Lam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 24 Oktober 2019, 01:19 WIB
Tak Kunjung Kondusif, Pemerintah China Berencana Copot Carrie Lam
Carrie Lam/Net
rmol news logo Setelah jatuh tertimpa tangga. Ungkapan itu mungkin cocok untuk menggambarkan keadaan Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam saat ini.

Pasalnya, menurut Financial Times yang dilansir dari Al Jazeera, China berencana menggantikan Lam dengan kepala eksekutif sementara. Jika proposal ini disetujui, maka Lam akan diberhentikan dan diganti pejabat sementara hingga tahun 2022.

Belakangan, sosok yang digadang-gadang bakal menjadi pengganti Lam adalah mantan kepala Otoritas Moneter Hong Kong, Norman Chan. Selain Chan, ada nama lain, yakni yaitu sekretaris keuangan sekaligus kepala sekretaris untuk administrasi, Henry Tang.

Menurut seorang sumber yang tak disebutkan identitasnya, desakan pencopotan tersebut dilakukan agar ketegangan yang terjadi selama empat bulan terakhir bisa stabil.

Hampir dalam setiap pekannya, ratusan ribu orang turun ke jalan di Hong Kong untuk menuntut pencabutan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekstradisi yang kemudian berubah menjadi tuntutan yang tebih besar, termasuk menurunkan Lam.

Di sisi lain, pada September lalu, Lam mengatakan tidak akan pernah meminta pemerintah China untuk membiarkannya mengundurkan diri untuk mengakhiri krisis di Hong Kong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA