Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suarakan Dukungan, Pengunjuk Rasa Hong Kong Bawa Bendera Catalunya Di Tengah Aksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 25 Oktober 2019, 06:48 WIB
Suarakan Dukungan, Pengunjuk Rasa Hong Kong Bawa Bendera Catalunya Di Tengah Aksi
Pengujuk rasa Hong Kong membawa bendera Catalunya/AFP
rmol news logo Ratusan pengunjuk rasa Hong Kong menyuarakan dukungan bagi protes di wilayah Catalunya Spanyol. Dalam aksi yang digelar pada Kamis (24/10), sejumlah pengunjuk rasa di Hong Kong mengibarka bendera dan spanduk dukungan bagi Catalunya dan mendesak perjuangan untuk kebebasan bersama.

Mereka menyerukan kebebasan di Hong Kong dan juga Catalunya, serta mengecam tindakan keras yang dilakukan polisi Hong Kong dalam gelombang protes yang telah terjadi selama lima bulan belakangan.

"Saya datang karena saya pikir Catalunya membutuhkan dukungan, sama seperti Hong Kong," kata salah seorang pengunjuk rasa bernama Jason Chan.

"Mengejar demokrasi adalah nilai universal," tambah pria 22 tahun itu seperti dikabarkan Channel News Asia.

Para pengunjuk rasa Hong Kong berbagi kesamaan dengan para demonstran separatis di wilayah Catalunya yang diguncang oleh protes setelah sembilan pemimpin separatis dijatuhi hukuman penjara pada bulan ini. Mereka dihukum karena referendum kemerdekaan yang gagal pada tahun 2017 lalu.

Di Spanyol sendiri, semua partai politik, kecuali satu, secara konsisten menentang referendum kemerdekaan Catalunya. Namun partai separatis tidak dilarang dan wilayah tersebut telah diberikan otonomi politik dan kontrol atas sebagian anggarannya. Namun para pengunjuk rasa yang turun ke jalan menginginkan lebih dari itu, yakni kemerdekaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA