Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Sulit Dipadamkan, Gubernur California Tetapkan Keadaan Darurat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 28 Oktober 2019, 06:39 WIB
Kebakaran Sulit Dipadamkan, Gubernur  California Tetapkan  Keadaan Darurat
Kebakaran di California/CNA
rmol news logo Gubernur California Gavin Newsom menyatakan keadaan darurat di seluruh negara bagian tersebut pada hari Minggu (27/10). Langkah itu diambil karena kebakaran lahan yang tidak kunjung padam. Api justru semakin besar karena dipicu oleh angin.

Akibatnya, petugas darurat terpaksa melakukan evakuasi paksa ribuan orang dan melakukan pemadaman listrik besar-besaran.

Kebakaran mengancam kota-kota wisata di wilayah Sonoma yang terkenal dengan anggurnya di negara bagian itu.

Kebakaran yang disebut Kincade Fire itu terjadi di utara San Francisco, menyebar hingga 12 ribu hektar dalam semalam. Sedangkan pada Minggu (27/10), hanya sekitar 10 persen dari kebakaran itu yang berhasil dipadamkan.

Akibat kebakaran tersebut, puluhan rumah dan kilang anggur, termasuk Soda Rock Winery yang dibangun pada tahun 1869 hancur.

Kebakaran itu sendiri merupakan yang paling dahsyat di California tahun ini dierparah dengan hembusan angin kencang hingga 145 kilometer per jam.

Demi mencegah situasi semakin buruk, Gubernur Gavin Newsom menyatakan keadaan darurat di seluruh negara bagian.

"Kami sedang mengerahkan setiap sumber daya yang tersedia, dan sedang berkoordinasi dengan banyak lembaga saat kami terus menanggapi kebakaran ini," kata Newsom dalam sebuah pernyataan.

"Sangat penting bahwa orang-orang di zona evakuasi memperhatikan peringatan dari pejabat dan responden pertama, dan memiliki sumber daya lokal dan negara yang mereka butuhkan saat kita memerangi kebakaran ini," tambahnya seperti dimuat Channel News Asia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA