Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Baru Papua Nugini Dapat Mobil Dinas Bentley Bekas APEC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 28 Oktober 2019, 08:52 WIB
PM Baru Papua Nugini Dapat Mobil Dinas Bentley Bekas APEC
Mobil yang dibeli untuk APEC 2018/Net
rmol news logo Perdana Menteri Papua Nugini yang baru, James Marape akan menerima salah satu mobil Bentley yang dibeli secara kontroversial oleh pemerintah untuk KTT APEC tahun 2018 lalu. Marape sendiri diketahui terpilih menjadi perdana menteri pada bulan Mei lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Keuangan Papua Nugini, Ken Ngangan memastikan kepada surat kabar Post Courier awal pekan ini bahwa semua anggota parlemen yang berjumlah 111 akan mendapatkan kendaraan yang dibeli untuk APEC tahun lalu untuk tugas dinas mereka.

Namun tidak ada orang selain perdana menteri yang akan menerima Maserati atau Bentleys.

Diketahui bahwa Papua Nugini menjadi tuan rumah APEC di ibukotanya di Port Moresby tahun lalu. Pemerintah negara tersebut menyita perhatian publik karena menghabiskan sekitar 135 juta dolar AS untuk menggelar acara tersebut. Anggaran tersebut juga digunakan untuk membeli ratusan mobil demi menjamu para tamu internasional.  

Hal tersebut menuai kritik, karena di sisi lain, masih banyak masalah dalam negeri di Papua Nugini yang perlu penanganan segera seperti pemulihan pasca gempa, kekurangan obat-obatan nasional, wabah polio dan tingkat kemiskinan yang tinggi.

Pasca perhelatan APEC, pemerintah Paua Nugini menjanjikan untuk menjual 43 mobil mewah Maserati dan Bentley, serta sekitar 300 kendaraan lainnya. Hasil penjualannya akan dikembalikan ke pemerintah.

Namun hingga Juni tahun ini, Menteri APEC saat itu, Justin Tkatchenko, mengatakan telah terjadi penundaan dalam proses tender, yang berarti hanya dua dari 43 mobil mewah yang telah terjual.

Kemudian pekan lalu, Ngangan mengatakan bahwa pemerintah baru telah memutuskan untuk mempertahankan beberapa dari mobil mewah tersebut.

"Kabinet membuat keputusan baru-baru ini untuk meminta anggota parlemen diberikan kendaraan masing-masing sehingga mereka dapat menggunakan di sini di ibu kota, tetapi untuk tugas pemilihan mereka," katanya seperti dimuat The Guardian.

Dia memastikan bahwa satu dari tiga Bentleys yang dibeli akan digunakan oleh perdana menteri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA