Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelombang Protes Belum Redup, Chile Mundur Jadi Tuan Rumah KTT APEC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 31 Oktober 2019, 08:54 WIB
Gelombang Protes Belum Redup, Chile Mundur Jadi Tuan Rumah KTT APEC
Kerusuhan di Chile/Net
rmol news logo Chile mengundurkan diri sebagai tuan rumah KTT perdagangan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada November dan konferensi iklim COP25 pada Desember mendatang. Pengunduran diri dilakukan setelah beberapa minggu kerusuhan yang diwarnai dengan kekerasan terjadi di negara tersebut.

Presiden Sebastian Pinera mengumumkan hal tersebut pada hari Rabu (30/10) dan mengatakan bahwa hal tersebut sangat menyakitkan.

"Ini merupakan keputusan yang sangat sulit, keputusan yang menyebabkan kami sangat kesakitan, karena kami sepenuhnya memahami pentingnya APEC dan COP25 untuk Chili dan bagi dunia," kata Pinera dalam pernyataan singkat dari istana La Moneda di Santiago.

Meski begitu, akal sehat harus tetap digunakan di tengah kekacauan.

"Ketika seorang ayah memiliki masalah, dia harus selalu memprioritaskan keluarganya di atas pilihan lain. Hal yang sama berlaku untuk seorang presiden, dia harus selalu mengutamakan rekan senegaranya sendiri, di atas pertimbangan lainnya," tambahnya, seperti dimuat Channel News Asia.

KTT APEC sendiri menjadi sorota karea Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping untuk mengunci perjanjian "fase satu" di tengah perang dagang.

Namun, setelah lebih dari 10 hari protes terjadi di jalanan ibukota Chile, Santiago, Pinera mengatakan negara Amerika Selatan itu tidak dalam posisi untuk menjadi tuan rumah KTT APEC atau konvensi iklim 2-13 Desember. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA