Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalam Sebulan, Filipina Diguncang 3 Gempa Diatas 6 SR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 31 Oktober 2019, 16:57 WIB
Dalam Sebulan, Filipina Diguncang 3 Gempa Diatas 6 SR
Bangunan hotel yang runtuh akibat gempa/Net
rmol news logo Aktivitas gempa di Filipina semakin meningkat. Dalam sebulan ini, Filipina diguncang tiga kali gempa berkekuatan besar. Termasuk pada hari ini, Kamis (31/10), gempa mengguncang Provinsi Cotabato, hanya berselang dua hari semenjak gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) menghantam wilayah tersebut.

Dimuat Channel News Asia, sedikitnya lima orang termasuk kepala desa tewas di Provinsi Cotabato Utara. Kelimanya tewas ketika gempa meruntuhkan bangunan-bangunan di sekitar, termasuk bangunan kondominium di selatan Davao yang berjarak 45 km dari pusat gempa.

Selain itu, gempa berkekuatan 6,6 SR itu juga melukai setidaknya 8 orang dan kemungkinan meningkat karena proses pencarian oleh tim penyelamat masih dilakukan. Sementara di Kota Kidapawan, sebuah hotel runtuh meski tidak ada laporan korban yang diberikan.

Menurut Philippine Institute of Vulcanology and Seismology (Phivolcs), gempa yang melanda Filipina pada hari ini merupakan gempa susulan yang terjadi pada Selasa (29/10). Gempa tersebut menyebabkan sedikitnya delapan orang tewas dan 300 lainnya luka-luka.

Pada saat itu, gempa terjadi membuat dinding sekolah runtuh. Akibatnya setidaknya 50 orang terluka akibat puing-puing yang jatuh.

Gempa pertama muncul pada Rabu (16/10) dengan kekuatan 6,8 SR. Pada saat itu, pusat gempa berada di 33 km timur laut Kota Tulunan di Provinsi Cotabato, namun menurut United States Geological Survey (USGS) tidak ada ancaman tsunami.

Salah satu gempa paling mematikan pernah melanda Filipina baru-baru ini adalah pada bulan April. Gempa itu membuat 16 orang tewas ketika sebuah bangunan di dekat ibukota Manila runtuh dan Bandara Clark ditutup karena kerusakan pada terminal penumpang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA