Kim Jong Un Beri Ucapan Belasungkawa Atas Meninggalnya Ibu Dari Presiden Korea Selatan

Kamis, 31 Oktober 2019, 19:31 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Presiden Moon Jae-in saat upacara kematian ibunya/Net

Ucapan belasungkawa disampaikan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un atas meninggalnya ibu dari Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in. Hal tersebut disampaikan kantor presiden Korea Selatan, Kamis (31/10).

Jurubicara Presiden Moon, Ko Min-jung seperti yang dimuat Channel News Asia menjelaskan, belasungkawa tersebut disampaikan Kim melalui surat yang dikirim lewat desa perbatasan Panmunjom Rabu malam (30/10).

Ibu Moon yang bernama Kang Han-ok meninggal pada Selasa (29/10) di usia 92 tahun di sebuah rumah sakit di kota pelabuhan Busan.

Hal serupa juga pernah dilakukan Kim Jong Un saat istri Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung meninggal dunia karena kanker Juni lalu. Saat itu, Kim mengirim saudara perempuannya untuk menyampaikan dukacita.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan hubungan kedua negara tersebut yang belakangan makin tegang usai proses pembicaraan denuklirisasi antara Korea Utara dan Amerika Serikat terhenti. Pekan lalu, Kim memerintahkan untuk menghapus fasilitas kumuh dan kapitalis yang dibangun Korea Selatan di resor Gunung Kumgang Utara.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020