Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Retak Segaris Rambut, Qantas Airlines Kandangkan Tiga Boeing 737 NG

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 November 2019, 15:17 WIB
Retak Segaris Rambut, Qantas Airlines Kandangkan Tiga Boeing 737 NG
Qantas Airlines/GettyImage
rmol news logo Maskapai penerbangan nasional asal Australia terpaksa menarik 3 armada Boeing 737 NG-nya setelah menemukan celah keretakan sebesar garis rambut di struktur garpu acar yang menghubungkan sayap dan badan pesawat.

"Pesawat-pesawat ini telah dihapus dari layanan dan akan dilakukan perbaikan," demikian bunyi pernyataan maskapai tersebut dilansir NewsNow, Jumat (1/11).

Awal Oktober, Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) telah memeritahkan seluruh maskapai memeriksa Boeing 737 yang telah melakukan penerbangan lebih dari 30.000 kali. Sementara itu, Qantas melaporkan menemukan keretakan di salah satu pesawat 737 yang baru melakukan penerbangan 27.000 kali.

Qantas kemudian mengidentifikasi 3 dari 75 Boeing 737-nya mengalami kerusakan yang sama. Untuk alasan keamanan, 3 pesawat tersebut kemudian ditarik dari layanan.

"Kami tidak pernah menerbangkan pesawat yang tidak aman. Bahkan meski keretakan hanya segaris rambut," ujar Kepala Eksekutif Qantas, Andrew David.

Kerusakan yang sama juga terjadi di tiga maskapai nasional Indonesia, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air. Sebanyak lima pesawat dari tiga maskapai tersebut mengalami kasus serupa, yaitu keretakan di struktur garpu acar.

Alhasil, Kementerian Perhubungan meminta ketiga maskapai untuk meng-grounded pesawat-pesawat bermasalah hingga pemeriksaan lebih lanjut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA