Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hanya 11 Menit, Pertemuan Shinzo Abe Dan Moon Jae-in Di KTT ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 November 2019, 15:01 WIB
Hanya 11 Menit, Pertemuan Shinzo Abe Dan Moon Jae-in Di KTT ASEAN
Perdana Menteri Shinzo Abe dan Presiden Moon Jae-in/Yonhap
rmol news logo Pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN selalu menjadi ajang yang banyak dimanfaatkan oleh banyak negara untuk melakukan pertemuan bilateral. Tidak terkecuali bagi dua negara tetangga yang kerap bersitegang seperti Korea Selatan dan Jepang.

Senin (4/11), Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT ASEAN +3 di Impact Forum, Bangkok, Thailand seperti yang dimuat Bernama.

Dilaporkan oleh Yonhap, keduanya hanya bertemu selama 11 menit. Menurut Jurubicara Gedung Biru, Ko Min Jung, keduanya melakukan "percakapan" bilateral, alih-alih pertemuan formal dalam suasana yang "sangat ramah dan serius".

Lebih lanjut, Ko menjelaskan kepada wartawan, keduanya sepakat bahwa hubungan Seoul dan Tokyo adalah penting. Karenanya kedua pihak akan menegaskan kembali prinsip menyelesaikan masalah melalui dialog.

"(Abe dan Moon) berharap dapat menuntaskan persoalan dan melakukan kemajuan substantif dalam konsultasi resmi antarkementerian luar negeri," ujar Ko seraya menambahkan kedua pihak setuju untuk mengeksplorasi resolusi dengan segala cara yang tersedia.

Hubungan Korea Selatan dan Jepang baru-baru ini memang tengah berada di titik terendah. Persoalan sengketa sejarah kedua negara di Asia Timur ini merambah menjadi perang dagang dengan pembatasan ekspor satu sama lain.

September 2018, Abe dan Moon melakukan pembicaraan resmi di sela-sela sesi Majelis Umum PBB (UNGA). Keduanya terakhir kali bertemu di KTT G-20 di Osaka pada akhir Juni lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA