Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Palu Kepemimpinan ASEAN Resmi Diemban Vietnam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 05 November 2019, 15:48 WIB
Palu Kepemimpinan ASEAN Resmi Diemban Vietnam
Perdana Menteri Thailand Prayut Chan O Cha menyerahkan palu kepemimpinan ASEAN kepada Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc/Net
rmol news logo Selesai sudah tugas Thailand sebagai Ketua ASEAN selama dua tahun terakhir. Kini giliran Vietnam yang mengambil peranan tersebut untuk dua tahun ke depan.

Pemindahan tugas ini dilaksanakan secara simbolis pada acara penutupan pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN ke-35 di Bangkok, Thailand, Senin (4/11). Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha selama simbolis menyerahkan palu kepemimpinan ASEAN kepada Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc.

"Saya percaya Vietnam akan mengambil peran Ketua ASEAN dari Thailand dengan bangga dan mewujudkan impian ASEAN untuk mempromosikan kemitraan dan menjaga perdamaian, kebebasan, keamanan, dan kemakmuran di ASEAN sekarang dan di masa depan," ujar PM Prayut ketika menyerahkan palu dikutip The Strait Times.

Nantinya, Vietnam akan secara resmi mengambil peran tersebut per 1 Januari 2020. Dalam kepemimpinannya nanti, Vietnam akan mengusung tema "Cohesive and Responsive".

"Dua elemen dalam tema ini bersinergi dan saling menguatkan," ujar Nguyen menjelaskan.

Sementara itu, pegantian ketua ASEAN sendiri dilakukan selama dua tahun sekali dan dirotasi berdasarkan urutan abjad negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA